RENGAT, GORIAU.COM - Tampil pada Batam Aggribisnis Exspo 2014, yang diselenggarakan di Mega Mall Batam Center beberapa waktu lalu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bersama Kabupaten Kampar dan Bengkalis atas nama Provinsi Riau, keluar sebagai juara satu pada iven tersebut.

Yang mana, exspo ini merupakan iven tahunan Dirjend Pengolahan Pemasaran dan Hasil Pertanian (P2HP) Kementrian Pertanian dan Peternakan RI. Iven tersebut diikuti 33 Provinsi se Indonesia.

"Pada exspo tersebut, Kabupaten Inhu merupakan bagian dari peserta yang tergabung dalam satu stand induk Dinas Pertanian dan Peternakan Riau. Masing-masing kabupaten menampilkan komuditi dan produk olahan", sebut Kadis Pertanian Inhu, Rahmat melalui Kabid Usaha Tani dan Agri Bisnis, Yulianda dengan didampingi Issri Yuliyasni selaku Kasi Pemasaran dan Promosi, Kamis (13/11/2014) di ruang kantornya.

Dikatakannya, komuditi dan produk olahan yang ditampilkan Kabupaten Inhu dengan dibantu Kampar dan Bengkaalis pada exspo tersebut, mampu menarik tim penilai dan ribuan pengunjung. Sehingga Riau bisa menjadi juara satu untuk kedua kalinya pada iven tersebut.

"Komuditi dan produk olahan andalan asal Inhu yang kita tampilkan yaitu, Nenas madu dan Beras non kimia atau organik" sebutnya.

Selain itu sebutnya, Rengkinang dan Ranting yang berbahan dasar ubi kayu juga mampu menarik minat beli pengunjung. Bahkan beberapa dari pengunjung tersebut, berniat akan datang ke Inhu untuk melihat langsung pola pengolahan Rengkinang dan Ranting tersebut.

"Dari beberapa produk yang kita tampilkan saat itu, ternyata sangat diminati pengunjung. Karena beberapa orang diantaranya bahkan langsung menawarkan kerjasama dalam sisi bisnis tentang produk yang kita miliki saat ini. Baik itu nenas madu, beras organik, rengkinang dan rantinng", tukasnya.(jef)