PANGKALAN KERINCI – Percepatan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terus digesa Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pelalawan.

Tercatat tim vaksinator telah menyuntikkan sebanyak 1.990 dosis vaksin PMK meliputi dosis I dan booster, data per 11 Agustus 2022.

Kepala Disbunak Kabupaten Pelalawan, Akhtar, SE kepada GoRiau.com, Minggu (14/8/2022) menyebutkan, vaksinasi PMK baru diberikan kepada hewan ternak sapi.

Vaksinasi PMK dilaksanakan di sejumlah wilayah kecamatan. Diantaranya Kecamatan Ukui, Kecamatan Kerumutan, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kecamatan Pangkalan Lesung dan Kecamatan Langgam.

"Untuk vaksin PMK dosis I sebanyak 1.395 dosis. Sedangkan untuk dosis booster sudah 595 dosis. Jadi totalnya 1990 dosis yang telah disuntikkan," jelas Akhtar.

Berita Sebelumnya:
- Hewan Ternak Sembuh dari Wabah PMK di Pelalawan Bertambah, Jadi 117 Ekor

Diberitakan sebelumnya, penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak di Kabupaten Pelalawan, hingga 11 Agustus 2022 mencapai 126 kasus.

Pemkab Pelalawan melalui dinas terkait mengklaim, meski angka kasus mencapai 126 kasus namun dibarengi dengan angka kesembuhan yang cukup tinggi.

Data per 11 Agustus, sebanyak 117 ekor ternak sapi dinyatakan telah sembuh dari PMK.***