PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru memperkirakan pasokan bahan pangan aman hingga awal tahun 2023.

"Pasokan bahan pangan kita masih aman, hingga akhir tahun masih terkendali," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin.

Dirinya mengklaim hingga saat ini harga bahan pangan masih terkendali. Walau ada sejumlah bahan pangan naik pada momen natal.

Zulhelmi menyebut kondisi ini terjadi karena sejumlah pasokan bahan pangan tidak hanya dari Provinsi Sumatra Barat tapi juga berasal dari Provinsi Sumatera Utara.

Satu komoditi bahan pangan yang naik jelang akhir tahun ini yaitu cabai merah. Pihaknya rutin memantau gejolak harga bahan pangan di pasaran. Ia mengaku harga bahan pangan masih fluktuatif artinya ada bahan pangan yang naik dan turun jelang momen tahun baru.

Pria disapa Ami menyebut bahwa saat pasokan bahan pangan melimpah harganya cenderung turun. Namun ketika pasokan mulai menipis tentu harga mulai merangkak naik.

"Maka kami dari pemerintah berupaya agar tidak ada oknum yang menimbun bahan pangan, kalau misalnya ada masalah, tentu bakal ditindaklanjuti satgas pangan," tegasnya.

Mantan Kepala Bapenda Kota Pekanbaru ini berharap tidak ada gangguan pasokan bahan pangan dari luar kota. Pihaknya mengaku hingga kini proses penyaluran pasokan bahan pangan dari luar kota masih aman.

"Distribusi bahan pangan hingga menjelang akhir tahun ini masih aman, seperti akhir tahun lalu," ungkapnya. ***