PEKANBARU, GORIAU.COM - Demi mencari dukungan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang, KONI Bali meminta dukungan penuh dan belajar ke KONI Riau untuk mempersiapkan diri menyambut iven empat tahunan tersebut.


Dibidiknya Riau sebagai salah satu daerah pembelajaran sebagai kandidat tuan rumah PON 2020, karena memang Bumi Lancang Kuning dinilai terbilang sukses sebagai penyelenggara PON 2012. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaannya. Bali sendiri akan bersaing dengan beberapa daerah lainnya untuk menjadi tuan rumah.


Diantaranya Sumatera Barat, Sumatera Utara, NAD, Sulawesi Selatan dan Papua. Diperkirakan semua daerah tersebut sama-sama memiliki peluang untuk mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah. "Kita belajar dan meminta dukungan ke Riau sebagai penyelenggara PON yang dinilai sukses dari berbagai aspek," kata Kabid Binpres KONI Bali, I Nyoman Yamadhiputra.


Hadir beserta rombongan Karo Kesra Pemprov Bali Bewa Putu Beratha, perwakilan Bappeda Bali, I Gusti Bayu Lexesasa, Kabid Rencana Anggaran Pemprov Bali, N Sudiartha, dan Staff Pemprov Bali I Gusti Ketut Arya Diktawan. "Kami hadir beserta Perwakilan dari pemerintah sebagai keseriusan kami menjadi bagian terpenting pada PON 2020," kata I Nyoman.


Sementara itu, Karo Kesra Pemprov Bali Bewa Putu Beratha mengatakan, Pemerintah Daerah sangat mendukung Bali menjadi tuan rumah. Karena melihat kondisi yang ada, Bali dinilai layak dan mampu menyelenggarakannya. "Untuk itu, Riau yang sudah sangat berpengalaman bisa menjadi panutan dari berbagai aspek," katanya.


Selain itu, melalui PON, kata Bewa, objek wisata Bali yang selama ini sudah tidak diragukan lagi keberadaannya bisa semakin ditingkatkan potensinya. "Kami sekaligus mengambil tujuan untuk promosi daerah seperti yang dilakukan Riau pada PON lalu," sambungnya.


Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Riau, Hasan Nusi JS yang menyambut kedatangan rombongan dari Bali tersebut mengatakan siap mendukung apa-apa yang telah disampaikan Pemprov dan KONI Bali. "Kita siap mendukung, karena mereka menjadi penyelenggara dengan tujuan yang sama seperti Riau, mencapai sukses prestasi dan promosi daerah," kata Hasan Nusi.


Dilanjutkannya, Riau juga siap membantu dalam memberi dukungan KONI Bali ke pusat sebagai calon tuan rumah PON 2020. "Intinya apa yang mereka sampaikan patut diberi apresiasi, karena mereka sangat ingin memajukan prestasi olahraga dan promosi daerah," tutur Hasan Nusi.(tri)