PEKANBARU, GORIAU.COM - Sarana Pendidikan Madrasyah Ibtidaiyah di Kota Pekanbaru bertambah dengan diresmikannya Madrasyah Ibtidaiyah Al Ariif Yayasan Al Bayyinat yang terletak di Kelurahan Sail Kecamatan Tanayan Raya. Peresmian Madrasyah Ibtidaiyah Al Arif dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit dan Walikota Pekanbaru Firdaus MT serta dihadiri Kakanwil Depag Riau Tarmizi Tohor, Ketua Yayasan Al-Bayinat Damhir serta ratusan masyarakat sekitar Madrasah, Jumat (26/4/2013) pagi.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama oleh Wagubri HR Mambang Mit dan penandatanganan prasasti oleh Walikota Pekanbaru Firdus MT serta pengguntingan pita oleh keduanya .

Ketua Yayasan Al Bayyinat Damhir dalam laporannya mengatakan mengingat di kawasan itu hanya ada satu SD, sementara jumlah siswa sekolah dasar melebihi daya tampung maka pihak yayasan mendirikan Madrasah Ibtidaiyah yang setara dengan SD sehingga diharapkan dapat mengantisipasi anak usia sekolah yang tidak tertampung di SD di daerah setempat.

Walikota Pekanbaru Firdaus Mt dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota mengucapkan terimah kasih atas usaha Yayasan Al Bayyinat dengan mendirikan Madrasah Ibtidaiyah Al Ariif karena dengan begitu pihak yayasan telah membantu pemerintah kota menyelenggarakan pendidikan yang tidak bisa dilakukan pemerintah semata saja tanpa bantuan masyarakat.

Sementara itu, Wagubri HR Mambang Mit dalam pengarahannya menyebutkan perlunya keterpaduan pemerintah daerah dan stakeholders untuk menumbuhkembangkan sarana pendidika agama di Riau khususnya Kota Pekanbaru.

''Pendidikan agama penting untuk benteng masuknya pengaruh negatif arus globalisasi. Selain juga pendidikan bagaimana kita bisa mengembangkan rasionalitasi sehingga berani mengatakan yang benar dan yang salah. Oleh karenanya di negara maju dikembangkan ilmu pasti seperti IPA. Tetapi manusia juga harus sehat agar dapat meningkatkan kompetisinya harus diberikan juga olahraga.

Namun kesimpulan ketiganya haruslah manusia mempunyai identitas diri dengan keimanan dan ketkwaan kalau tidak ilmunya tidak dapat berguna dan bermanfaat maksimal," tutur HR Mambang Mit.

Oleh sebab itu menurut HR Mambang Mit, tersedianya sarana dan prasarana pendidikan seperti Madrasah Ibtidaiyah Al Ariif akan melahirkan SDM yang berkualitas yang dapat diandalkan untuk percepatan pembangunan untuk kejayaan Provinsi Riau kedepan.

Dalam kesempatan itu baik Wagubri HR Mambang Mit dan Walikota Pekanbaru Firdaus Mt menyerahkan sejumlah bantuan dana untuk kelengkapan peralatan pendidikan di Madrasyah Ibtidaiyah Al Arif. (rls)