BANTAN, GORIAU.COM - Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno membuka seleksi Bakti Pemuda dan Kemah Kesatuan Pemuda antar Provinsi tingkat Kabupaten Bengkalis di Venue Layar Selatbaru, Selasa (9/4/2013). Masing-masing kecamatan mengutus 4 perwakilan untuk diseleksi guna mewakili kabupaten di tingkat provinsi.

''Kegiatan Bhakti Pemuda antar Provinsi dan Kemah Kesatuan Pemuda yang seleksinya kita lakukan hari ini, bernilai strategis dan positif untuk membangun karakter pemuda dalam pembinaan kemitraan generasi yang sadar budaya dalam upaya pelestarian dan pengembangan potensi daerah di segala aspek kepemudaan. Selain itu juga untuk membentengi diri dari berbagai tindak penyimpangan,'' ujar Wabup.

Wabup mengucapkan selamat datang kepada para duta kecamatan sebagai calon peserta bhakti pemuda antar provinsi dan kemah kesatuan pemuda Kabupaten Bengkalis tahun 2013. Sebagai duta kecamatan, dituntut untuk mempersiapkan diri, baik secara mental maupun wawasan, agar menjadi yang terbaik pada proses seleksi yang diselenggarakan selama bebarapa hari.

Dijelaskan Wabup, pemuda dengan wawasan yang luas, kreatiftas yang tinggi dan kapasitas pemikiran yang memadai akan mampu melewati sekat-sekat kelompok, golongan, suku, agama dan etnis tertentu, sehingga kondisi tersebut dapat menjadi katasilatur dan ekasilatur dalam perkembangan dan dinamika kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

''Menyandang duta pemuda dari Kabupaten Bengkalis merupakan sebuah kebanggaan sekaligus tanggungjawab besar yang harus diemban. Siapa pun yang terpilih sebagai duta pemuda dari Kabupaten Bengkalis, harus memiliki pengetahuan tentang gambaran, karakter, budaya dan potensi Kabupaten Bengkalis bahkan program-program yang dilaksanakan pemerintah,'' pesan Wabup. (jfk)