SELATPANJANG - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Selatpanjang bersama PT Pelindo Selatpanjang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti melakukan peninjauan dua pelabuhan alternatif, Rabu (1/8/2021) siang.

Adapun dua pelabuhan alternatif yang bakal digunakan yakni Pelabuhan Polair yang berada di Jalan Tebingtinggi dan Pelabuhan Roro Insit. Langkah itu menyusul ambruknya tiang pancang ponton trayek domestik beberapa pekan lalu, sehingga seluruh kapal yang butuh pelayanan sandar dan turun naik penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang semula sempat dialihkan ke jalur internasional. 

Dari Pantauan GoRiau.com, peninjauan yang dilakukan pihak-pihak terkait terhadap dua pelabuhan alternatif tersebut dengan menggunakan kapal Batam Jet. Selain melihat kondisi air, mereka (tim) juga melakukan ujicoba turun naik penumpang.

Usai peninjauan dilaksanakan, pihak KSOP maupun Pelindo begitu juga dengan Dishub belum bisa memutuskan pelabuhan alternatif mana yang akan digunakan karena masih menunggu hasil kesepakatan dan beberapa pertimbangan yang harus diputuskan bersama.

Peninjauan dihadiri Kepala Keselamatan Berlayar KSOP Selatpanjang, Suharto, Manager Kawasan Cabang Pelindo I Selatpanjang, Indra Andriansah, Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Meranti, Azwan, perwakilan dari KKP dan kepolisian serta sejumlah pihak terkait lainnya.***