AGAM - Khatib salat Idul Fitri di Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, meninggal saat menyampaikan khotbah Idul Fitri. Khatib bernama Ustaz Marnis Bahrum itu jatuh di mimbar.

"Beliau terjatuh saat menyampaikan khotbah salat Idul Fitri, tepatnya di khotbah kedua ketika berdoa di Masjid Istiqamah Magek," kata Wali Jorong Kampuang Bawah, Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek, Joh Har di Kabupaten Agam, seperti dilansir Antara, Kamis (13/5/2021).

Menurutnya, Ustaz Marnis Bahrum, yang berusia sekitar 70 tahun, langsung tersandar ke mimbar dan tiba-tiba berhenti berkhotbah.

Ia bersama jemaah lain sangat terkejut dan langsung berdiri menolong ustaz itu serta sempat melarikannya ke puskesmas terdekat.

"Masyaallah, semoga beliau husnulkhatimah, sepertinya ustaz sudah wafat di dalam masjid ini ketika beliau terjatuh dari khotbahnya," kata Jon Har.

Ia menambahkan isi pengajian Ustaz Marnis Bahrum begitu menyentuh dan tersampaikan dengan rapi. Menurutnya, tidak ada tanda-tanda ustaz sedang mengalami sakit sebelum berceramah.

"Saya sempat bercengkerama dan berbicara ringan dengan beliau sebelum menaiki mimbar, kebetulan saya ada di sebelah beliau duduk," kata dia. Aku Wafatnya ustaz itu membuat banyak jemaah menangis ketika ramai mengantarkan jenazah almarhum ke kediamannya di daerah Tilatang Kamang.

Ustaz Marnis dikenal sebagai ulama bersahaja dan aktif membantu sesama. Sang ustaz juga memiliki pondok tahfiz Al-Qur'an di Namuang, Koto Tangah. ***