HANOI - Upacara pembukaan SEA Games 2021 Hanoi akan digelar di Stadion Mỹ Đình, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022). Pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara ini menyebarkan semangat dan pesan SEA Games 31 "Untuk Asia Tenggara yang Lebih Kuat".

Upacara pembukaan tersebut diharapkan dapat menampilkan citra indah budaya dan tradisi Vietnam melalui penampilan ribuan seniman Vietnam.

Selain penampilan para artis, acara ini juga diharapkan dapat memukau penonton dengan efek cahaya dan suara yang diciptakan oleh teknologi modern pada uparaca pembukaan, Kamis (12/5/2022).

Menurut Tran c Cưong, konsultan sejarah dan budaya SEA Games ke-31 dan Presiden Asosiasi Ilmu Sejarah Vietnam, dewan organisasi secara khusus menetapkan target upacara pembukaan sebelum menggelarnya.

“Sebagai tuan rumah, Vienam perlu memperkenalkan masyarakat ASEAN dan dunia pada budaya dan tradisi negara. Sekaligus menyampaikan pesan SEA Games 31: Untuk Asia Tenggara yang lebih kuat,”ujarnya.

Upacara pembukaan SEA Games ke-31 akan dibagi menjadi tiga bagian. Yang pertama akan menampilkan Vietnam, dengan budaya dan identitasnya sendiri, sebagai negara yang bersahabat dengan semua negara.

Yang kedua akan menunjukkan kekuatan komunitas ASEAN di peta dunia, dan yang ketiga akan menampilkan solidaritas dan persahabatan antara Vietnam dan anggota ASEAN lainnya dalam upaya menyatukan dan membangun komunitas regional yang kuat.

Cưong mengatakan sangat percaya pada bakat dari artis direktur jenderal program Tran Ly Ly dan kru pementasan. “Mereka semua masih muda tetapi berbakat dan sangat antusias. Saya percaya upacara pembukaan dan penutupan SEA Games ke-31 akan menciptakan penampilan yang luar biasa, meninggalkan kesan yang kuat pada penonton," katanya.

Saat ini, lebih dari 1.000 seniman dan mahasiswa seni dibagi menjadi dua kelompok untuk pelatihan di bawah bimbingan dua penari top Vietnam, Kieu Le dan Hong Phong, dan 15 koreografer berpengalaman lainnya. Puluhan spesialis dan teknisi lainnya akan terlibat dalam menyiapkan panggung dan membuat kostum dan alat peraga.

Kelompok Phong kini memiliki 250 seniman yang berlatih tari bambu dan teratai untuk mengilustrasikan lagu-lagu yang dibawakan di acara tersebut.

“Bambu melambangkan vitalitas, solidaritas, keberlanjutan, dan ketangguhan yang kuat, sedangkan teratai adalah simbol kemurnian, kepolosan, dan toleransi rakyat Vietnam, yang menjadi semangat SEA Games. Mereka adalah gambar terpilih yang akan memperkenalkan orang-orang Vietnam,” ungkap Phạm Thanh Tung, pemimpin kelompok dan koreografer.

Penari Linh Nga akan menampilkan tarian bunga teratai solo, dan pemain biola Bui Cong Duy dan artis Lieu Giang akan menampilkan bakat mereka dalam lagu ng n Viet Nam (Jalan Menuju Vietnam) yang juga akan menyertakan gambar ao dai (pakaian tradisional Vietnam) dan topi berbentuk kerucut, mewakili Vietnam yang ramah.

Teknologi modern

Direktur panggung untuk upacara pembukaan SEA Games ke-31, Hoang Cong Cưong, mengatakan: “Kekuatan teknologi proyeksi gambar grafis (Pemetaan) dan Augmented Reality – AR, dan teknologi Extended Reality, yang merupakan teknologi terbaru, akan diadopsi untuk pertunjukan yang menampilkan identitas budaya Vietnam dan Asia Tenggara pada umumnya. Akan ada tampilan dengan simbol 40 olahraga dari berbagai negara yang diwakili oleh lukisan rakyat Vietnam pada slide show grafis.”

Artis Tran Ly Ly, direktur umum upacara pembukaan dan penutupan, mengungkapkan bahwa produser musik Huy Tuan, penulis lagu tema acara olahraga – Let's Shine – juga merupakan direktur musik acara tersebut.

Menyampaikan solidaritas olahraga yang kuat, lagu tersebut akan menutup upacara pembukaan SEA Game 31 dengan penampilan dari banyak artis terkenal di industri musik Vietnam.

“Let's Shine diharapkan menjadi pertunjukan yang luar biasa di mana artis-artis terkenal akan tampil bersama dengan maskot, simbol dari 54 etnis Vietnam, perwakilan dari 11 negara Asia Tenggara, 110 penari dan 250 atlet yang bersaing di Olimpiade. Dengan akhir ini, kru produksi berharap dapat meninggalkan kesan yang mendalam di hati teman-teman internasional kami,”kata Ly.

SEA Games 31 secara resmi akan dimulai pada Kamis 12 Mei 2022 di Stadion Nasional My nh dan berlangsung hingga 23 Mei.

SEA Games akan menampilkan 40 cabang olahraga dan 526 event, menarik sekitar 10.000 peserta dari 11 negara Asia Tenggara: Brunei, Kamboja, Timor Leste, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. ***