PANGKALAN KERINCI – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pelalawan menyebutkan kuota haji Pelalawan tahun 2022 sebanyak 149 orang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pelalawan, H Syahrul Mauludi, Kamis (12/5/2022) mengatakan, sebanyak 149 calon jamaah haji (CJH) akan diberangkatkan pada tahun ini.

"Kuota nasional turun 50 persen, begitu juga provinsi. Di provinsi yang biasanya lima ribu lebih, tahun ini hanya 2.751 orang, begitu juga untuk Pelalawan," ujarnya.

Dia menjelaskan, sementara untuk 50 persen peserta haji lainnya di Kabupaten Pelalawan, berkemungkinan akan diberangkatkan pada tahun depan.

"Insha Allah, 50 persen berikutnya akan kita berangkatkan tahun depan. Tentu setelah ada keputusan dan pemerintah untuk kebarangkatan haji tahun depan," katanya.

Saat ini pihaknya terus menggesa pelunasan serta bukti-bukti pembayaran 149 peserta di Pelalawan. Untuk pelunasan pembayaran akan berakhir tanggal 20 Mei mendatang.

"Di samping itu, kita juga tengah mempersiapkan jamaah untuk manasik mandiri," ujarnya.

Terkait kloter CJH Pelalawan, Syahrul mengatakan untuk kloter atau kelompok terbang CJH Pelalawan belum didapatkan. Pasalnya, kloter baru didapat setelah seluruh peserta melunasi pembayaran.

"Kalau untuk embarkasi, kita masih memakai embarkasi Batam atau embarkasi Antara. Yakni berangkat ke Pekanbaru dulu baru kemudian ke menuju embarkasi Batam dan bergabung dengan kloter lainnya," tandas Syahrul.***