PANGKALAN KERINCI - Melalui kegiatan sosial donor darah, yang merupakan program tahunan, siswa SMA 1 Pangkalan Kerinci ingin tunjukkan bahwa siswa SMA juga mampu untuk berdonor.

Kegiatan donor darah yang digelar, Rabu (24/10/2018) kemarin, berhasil mengumpulkan sebanyak 45 kantong darah.

Kepala Sekolah SMA 1 Pangkalan Kerinci, Syahrial melalui Waka Humas, Tati Andriani mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program tahunan yang wajib dilakukan.

"Kegiatan ini juga salah satu program kerja dari ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) dibawah binaan ibu Nemsi Sipahutar dan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pelalawan," ungkapnya.

Lanjut dia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebutuhan akan darah dan membantu pendonor menjaga kesehatan baik secara fisik maupun psikologis.

"Adapun pendonor berasal dari orangtua, guru dan siswa yang sudah bisa menjadi pendonor," sebutnya.

Dalam pelaksanaan, kata Tati, sebanyak 150 orang menjadi peserta donor darah. Namun yang berhasil mendonorkan darahnya hanya 45 orang.

"Peserta yang tidak dapat mendonor disebabkan oleh beberapa faktor seperti sedang sakit, menstruasi (bagi perempuan), kurang istirahat dan lain-lain," ujarnya.

Selaku Humas SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Tati berharap kegiatan tersebut dapat diteruskan dan didukung oleh semua pihak, mengingat kegiatan itu sangat positif dan dapat menimbulkan kepedulian khususnya generasi muda.

"Terima kasih kamis sampaikan kepada PMI Pelalawan yang selalu mendukung program SMA 1 Pangkalan Kerinci," tukasnya kepada GoRiau, Kamis (25/10/2018). ***