SIAPA bilang jalan-jalan ke luar negeri selalu identik dengan budget yang besar dan biaya yang mahal? Jika cermat dan sedikit mau berusaha, meskipun punya uang yang pas-pasan dan mepet Anda tetap bisa jalan-jalan ke negara impian kok. Namun, sebelum memutuskan untuk jalan-jalan ke luar negeri Anda harus mempersiapkan secara matang-matang apa saja yang perlu untuk dilakukan ataupun tidak.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa ada saja kendala yang akan terjadi meskipun Anda sudah mempersiapkan jauh-jauh hari. Jangan sampai ya, kendala yang Anda alami membuat liburan ke luar negeri yang telah direncakana sebelumnya gagal total karena biaya yang terlanjur terpakai ataupun kurang. Maka dari itu untuk menyiasati agar budget liburan ke luar negeri tidak melambung tinggi, terapkan trik cerdas seperti berikut ini.

Tetapkan negara tujuan

Langkah yang paling awal yang perlu untuk Anda lakukan untuk memastikan agar tidak kehabisan uang saat jalan-jalan ke luar negeri adalah menetapkan negara tujuan. Lakukan perincian secara cermat mengenai biaya apa saja yang perlu untuk dibayarkan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui dengan pasti siapa saja yang ikut dan berapa hari rencananya akan berlibur.

Nah, bagi Anda yang benar-benar liburan ke luar negeri dengan budget yang minim, pilih saja negara yang bebas VISA untuk wisatawan Indonesia. Selain ASEAN banyak juga kok negara lainnya yang bebas VISA dan tentunya tidak akan menyedot uang secara berlebihan contohnya saja Dominika, Haiti, Peru, Jepang dan masih banyak yang lainnya yang bisa untuk dipilih.

Rajin Hunting Tiket Pesawat Promo

Tips penting yang sangat perlu sekali untuk Anda lakukan adalah rajin-rajin mencari tiket pesawat promo. Anda bisa mencarinya lewat online di situs-situs terpercaya atau juga bisa mendatangi maskapai penerbangan secara langsung. Namun tentu saja mendatangi maskapai secara langsung akan membuat Anda kerepotan ya, maka dari itu online travel agent lebih direkomendasikan. Salah satu online travel yang sering sekali mengeluarkan penawaran-penawaran yang memudahkan para pelanggannya adalah Traveloka. Oleh sebab itu, Anda perlu rajin-rajin membuka situs online seperti halnya Traveloka ini untuk dapatkan penawaran harga yang murah meriah. Tidak jarang, harga tiket pesawat promo yang dikeluarkan harganya sangat miring sekali. Tunggu apa lagi, segera cek Traveloka agar Anda mendapatkan harga sesuai dengan yang diinginkan.

Usahakan Jangan Pilih Hari Libur

Saat biaya menjadi kendala Anda untuk liburan ke luar negeri, usahakan jangan traveling saat musim libur tiba. Pada momen musim libur, harga tiket dan juga hotel biasanya akan naik 2 kali lipat. Maka dari itu pilihlah hari-hari biasa saja. Meskipun ada promo, tentunya Anda juga akan bersaing dengan banyak orang lainnya yang ingin berlibur dengan budget yang terbatas. Sangat kecil sekali kesempatan mendapatkan promo tersebut. Maka dari itu hindari hari libur nasional, hari raya dan juga akhir tahun agar uang Anda tak terkuras habis.

Cari Penginapan yang Murah

Cara cerdas untuk menghemat biaya lainnya adalah dengan mencari penginapan yang murah. Pastikan, sebelum memutuskan untuk pergi ke negara tujuan, Anda sudah melakukan riset kecil-kecilan untuk membandingkan harga tiket satu dengan yang lainnya. Sekarang ini sudah banyak situs online yang bisa Anda datangi untuk pembanding harga. Selain mencari penginapan yang murah, Anda juga bisa nebeng di apartment teman yang berada di negara yang sedang dituju. Namun ingat satu hal ya, jangan sampai merepotkan si pemilik rumah ataupun apartment yang ditumpangi.

Selektif Saat Berbelanja

Saat berencana untuk membawakan oleh-oleh keluarga yang ada di rumah, Anda harus selektif jangan terlalu bertindak konsumtif. Anda harus berpikir secara matang biaya-biaya yang dikeluarkan untuk hal-hal di luar jalan-jalan seperti halnya membawakan oleh-oleh. Setidaknya, Anda perlu tahu apakah barang tersebut sudah ada di Indonesia atau belum. Pasalnya, sekarang ini telah banyak barang-barang dari luar negeri yang dijual jauh lebih terjangkau di Tanah Air. Jika sekiranya oleh-oleh yang ingin Anda beli tersebut belum ada di Indonesia dan harganya lumayan murah, silahkan membelinya dengan syarat jatah untuk makanan sudah tertanggung dengan baik.

Dengan menerapkan 5 tips pangkas biaya di atas, Anda tak perlu lagi takut biaya untuk jalan-jalan ke luar negeri membengkak hebat ya. Rencanakan dengan baik dan persiapkan segala kebutuhan dengan matang. ***