PEKANBARU - Baru memasuki awal Januari 2020, jumlah titik panas sudah bermunculan di Provinsi Riau, yang tersebar di Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan, dan Kuantan Singingi (Kuansing). Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, setidaknya ada sembilan titik api diwilayah tersebut yang terdeteksi pada Rabu, (8/1/2020).

Terkait hal ini, Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Bibin mengatakan ada kemungkinan status siaga darurat akan ditetapkan. Namun, sampai saat ini pihak BMKG belum mendapatkan undangan untuk rapat bersama dari Pemprov Riau untuk membahas penetapan status tersebut.

"Karena Februari kita memasuki musim kemarau dan curah hujan juga sudah mulai berkurang. Kita sudah menyiapkan materinya, tetapi belum ada undangan dari Pemerintah Daerah (Pemda) untuk rapat bersama," papar Bibin saat dikonfirmasi GoRiau.com.

Bibin menjelaskan bahwa penetapan status siaga darurat Karhutla adalah wewenang Pemda.

"Kita perlu diundang dulu oleh Pemda, kita sudah siapkan materinya. Karena nanti yang berwenang menetapkan status siaga darurat itu adalah Pemda atau Pemprov Riau," paparnya.

Sementara itu, berdasarkan berita sebelumnya, Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan kesembilan titik panas, yang berada di level confidence di atas 50 persen terdapat di Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil, dan Rupat Bengkalis yang masing-masing ada satu titik, satu titik di Kecamatan Sungai Apit di Siak, empat titik di Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan, dan satu titik di Kecamatan Kuantan Mudik (Kuansing).

"Kemarin Bengkalis yang terbanyak, hari ini jumlah titik panasnya juga masih tetap ada tiga titik. Namun di Pelalawan hari ini meningkat titik panasnya jadi empat titik menjadi yang terbanyak titik panasnya," kata Sukisno di Pekanbaru, Rabu (8/1/2020).

Ia juga menjelaskan, bahwa tingkat kepercayaan atau level confidence dua hotspot ini bervariasi. Di mana dari sembilan hotspot tersebut, ada enam titik panas berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api.

"Enam titik tersebut berada di Kuala Kampar tiga titik dengan level confidence 99 persen, 76 persen, 72 persen. Lalu, Siak Kecil dengan level confidence 88 persen, Rupat di level confidence 79 persen, dan Sungai Apit di level confidence 73 persen," tuturnya. ***