PEKANBARU - PT. Telkom berkomitmen untuk membangun jaringan telekomunikasi baik internet maupun GSM ke seluruh pelosok desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal itu untuk mendukung penuh program strategis bupati dalam memberikan akses layanan publik berbasis digital.

GM Telkom Wilayah Telekomunikasi Riau Daratan, Agung Tri Cahyono, mengatakan dalam waktu dekat akan segera memulai progres dengan mendata wilayah mana saja yang belum mendapat layanan internet secara maksimal atau yang belum sama sekali.

"Pokoknya kita full support. Untuk langkah awal, kami akan minta data dulu dari Bagian Kominfo Meranti, daerah mana saja yang urgen," kata Agung didampingi Manager Bes, Cesmawati, Manager Gov, Wima Aditya dan Kakandatel Dumai Sunhadi, Kamis (13/1/2022) di Pekanbaru.

Agung juga menyampaikan apresiasinya terhadap upaya dari Bupati Adil dalam menyediakan layanan telekomunikasi untuk seluruh masyarakat di wilayah pemerintahannya. Menurutnya, inovasi pelayanan publik berbasis digital harus didukung dengan infrastruktur jaringan yang bagus.

GoRiau Foto bersama dalam pertemuan P
Foto bersama dalam pertemuan Pemkab Meranti dengan pihak Telkom, Kamis (13/1/2022) di Pekanbaru.

"Ini satu hal yang luar biasa dari bapak Bupati Kepulauan Meranti. Beliau punya spirit yang bagus agar masyarakatnya bisa maju," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Haji Muhammad Adil SH meminta kepada pihak Telkom untuk meningkatkan layanan telekomunikasi baik internet maupun GSM di 101 desa dan kelurahan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saya berharap Telkom bisa memberikan solusi terhadap masalah layanan telekomunikasi di Meranti. Terutama wilayah yang sama sekali tidak ada sinyal (blank spot)," kata Adil.

Penguatan jaringan telekomunikasi di Meranti, ungkapnya, merupakan hal mutlak untuk menjalankan program smart city yang dicanangkannya. Adil ingin membuat sebuah sistem satu data untuk seluruh penduduk Meranti. Kemudian untuk meningkatkan kualitas pendidikan, bupati juga menginginkan jaringan internet bisa diakses oleh sekolah-sekolah yang berada di pelosok kabupaten baik akses 4G maupun fixed broadband.

"Mudah-mudahan di 2022 ini semuanya sudah bisa dikoneksikan. Baik itu di lingkungan OPD, sekolah dan masyarakat Meranti secara luas," harapnya.

Turut mendampingi Bupati Adil dalam pertemuan tersebut, Kabag Hukum Setdakab Kepulauan Meranti, Sudandri Jauzah, Perwakilan Bagian Kominfo Setdakab Amat Safii dan Kepala Bagian Prokopim Setdakab, Afrinal Yusran.***