JAKARTA - Ketua PA 212, Ustadz Slamet Maarif, menilai pernyataan Ketua BTP Mania, Emanuel Ebenezer soal "Wisatawan 212" dan "Penghamba Uang" justru menjadi cerminan Emanuel sendiri.

"Dia sedang mengungkapkan kebiasaan pikiran dirinya," ujar Slamet Maarif singkat, saat dimintai tanggapan oleh GoNews.co, Jumat (01/02/2019).

Sebelumnya, Emanuel melontarkan pernyataan itu dalam program acara INews Pagi berjudul "ADP, Antara Hukuman dan Motif Politik" yang potongan videonya diunggah di media sosial twitter oleh akun @hilmi28 pada Jumat (01/02/ 2019) pukul 11.48 WIB.

Hingga berita ini dibuat, video berdurasi 1.00 menit itu telah ditonton oleh lebih dari 56,8 ribu akun dan di-retweet oleh lebih dari 2,3 ribu akun.

Dalam video tersebut, Emanuel mengatakan, "Ahmad Dhani ini, salah satu aktivis 212. Seharusnya kelompok wisatawan 212 bergerak dong. Di sidang tidak hadir, masuk penjara tidak hadir. Jadi lucu! dimana letak solidaritasnya mereka? Ini kan kelompok penghamba uang semua nih. Tuhan-tuhan mereka kan duit,".

Banyak warganet, tampak terpancing emosinya dan berkomentar cukup tajam. Seperti akun @Choky116 yang berkomentar, "Saya alumni 212 demi Allah dan demi Rasullullah tidak ada yg ngasih uang ke saya,saya hadir di reunian 212 pake uang sendiri..harus di tutut itu CEBONG sdh fitnah sembarangan..,".

Ada juga @wahdjoe5 yang beekomentar, ".... Kami ke acara silaturahim 212 pake biaya sendiri.... Duit sendiri..... Kalo ebenezer.... #YangGajiKamuSiapa,".

Dan akun R. Vicky Hidayat yang berdoa, "Semoga dilaknat dan di Adzab oleh Allah Ta'ala karena telah memfitnah kaum Muslimin... Aamiin Ya Rabb,".***