JAKARTA – Nama Ketua BTP Mania, Immanuel Ebenezer, hari ini tiba-tiba menjadi perbincangan hangat di media sosial, khususnya Twitter. Itu disebabkan pernyataan yang diucapkan pendukung mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu dalam acara talk show iNews Pagi, Rabu (30/1/2019) lalu.

Dalam acara yang mengangkat topik tentang vonis pidana Ahmad Dhani itu, Immanuel mempertanyakan solidaritas kelompok 212—yang disebutnya 'wisatawan' terhadap Dhani.

"Ahmad Dhani ini kan salah satu aktivis 212. Seharusnya kelompok wisatawan 212 bergerak dong. (Tapi) di sidang tidak hadir, (Ahmad Dhani) masuk penjara tidak hadir, jadi lucu dimana solidaritas mereka?" ujar Immanuel.

Tak cukup sampai di situ, dia juga menuding kelompok 212 sebagai kelompok 'penghamba uang'. 'Ini kan kelompok penghamba uang semua nih. Tuan-tuan mereka kan duit. Kita tahu sekali tuan-tuan mereka duit. Mereka hanya diperintah oleh duit. Kalau tidak ada duit, saya yakin enggak ada," kata dia.

Video saat Immanuel mengucapkan kalimat-kalimat tuduhan tersebut pun kini viral di media sosial. Tak pelak, ujaran pendukung Ahok itu menuai reaksi keras dari netizen. "Mohon laporkan orang ini, bicaranya penuh kebencian," tulis akun Twitter @jiwa5516 sekitar satu jam lalu.

"Segera ummat bergerak," cuit akun lainnya, @Yongky_putra.

"Wah parah, 212 dikiranya wisatawan. Ini sama aja ngehina nih…" tulis akun @RikiKur81208363.

Hingga pukul 18.00 WIB sore ini, tagar terkait ujaran Immanuel itu telah dibicarakan sebanyak 8.519 kali di Twitter.***