JAKARTA - Memasuki bulan Ramadan, tentu sebagian besar umat Muslim menjalankan ibadah puasa.

Ibadah puasa ini tentu dilakukan seluruh umat secara hati-hati dengan melaksanakan berbagai persiapan. Ini karena seluruh umat Muslim yang menjalankan puasa ingin agar ibadahnya menjadi ladang pahalanya selama bulan Ramadan.

Selain sebagai ladang pahala dan kewajiban saat bulan Ramadan, tak banyak yang tahu bila puasa memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh.

Secara garis besar, puasa mampu mengendalikan banyak hal dalam tubuh, selain menahan segala hawa dan nafsu. Melansir dari Mindbodygreen, puasa juga mampu menjaga fokus seseorang dalam mengonsumsi lemak, protein, dan karbohidrat dalam tubuh.

Lalu, apa saja manfaat puasa yang ternyata baik bagi tubuh? Berikut lima manfaat puasa melansir dari Mindbodygreen:

1. Menurunkan risiko kanker

Berbagai penelitian baik secara ilmiah maupun agama menunjukkan adanya penurunan risiko kanker, terutama kanker payudara pada orang yang rutin berpuasa.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Puasa juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung karena mampu menurunkan trigliserida dan tekanan darah.
Selain itu, puasa juga mampu meningkatkan kolesterol HDL yang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menyingkirkan kelebihan kolesterol.

3. Meningkatkan autoimun

Menjalankan puasa mampu memangkas setidaknya 1.000 kalori sehari, selama tiga hari berpuasa. Faktanya, 1.000 kalori tersebut mampu meningkatkan berbagai gejala yang berhubungan dengan autoimun, seperti multiple sclerosis dan lupus.

Sehingga dengan berkurangnya 1.000 kalori dalam tubuh selama tiga hari berpuasa, Moms mampu mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan autoimun.

4. Menurunkan berat badan

Resistensi penurunan berat badan sering disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon.

Resistensi leptin terjadi ketika otak berhenti mengenali sinyal leptin untuk simpanan lemak tubuh sebagai energi. Sehingga menyebabkan tubuh terus menyimpan lemak daripada menggunakan lemak atau membakar lemak.

Puasa terbukti mampu meningkatkan peradangan kronis yang dapat menumpulkan reseptor leptin pada otak.

5. Meningkatkan kesehatajn paru-paru

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, ternyata puasa juga mampu menjaga kesehatan paru-paru. Dengan berpuasa, gejala asma yang dimiliki mampu berkurang.

Selain itu, puasa juga mampu mengurangi stres oksidatif. Lebih dari lima manfaat tersebut, ternyata penelitian juga membuktikan puasa mampu menurunkan gangguan otak yang menyebabkan degeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Wah, ternyata banyak manfaat bagi kesehatan tubuh saat menjalankan puasa ya?.***