SELATPANJANG, GORIAU.COM - Tahun ini, Bazar Ramadan tidak lagi dipusatkan di Jalan Ahmad Yani Selatpanjang. Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kepulauan Meranti telah merencanakan lokasi baru untuk pasar Ramadhan yang akan menjual ta'jil dan makanan lainnya.



Sebagaimana disampaikan Kepala DPKP Meranti, Joko Surianto SH MM, kepada wartawan, Selasa (5/5/2015). Kata Joko, untuk tahun ini DPKP Meranti akan memusatkan bazar Ramadan itu di Jalan Banglas Selatpanjang, tepatnya di lokasi pasar yang akan dijadikan pasar batu akik.

"Kita mulai membenahi pasar itu, selain akan dijadikan pasar akik, lokasi itu juga akan kita pakai untuk bazar Ramadan," kata Joko.

Joko menambahkan, pada lokasi lama bazar Ramadan (Jalan Ahmad Yani Selatpanjang, red) sebenarnya banyak pedagang makanan dan ta'jil itu berasal dari Banglas. Untuk itu, tahun ini dipusatkanlah di Jalan Banglas. Selain mempermudah pedagang, pemindahan lokasi bazar itu juga akan mengoptimalkan fungsi gedung yang selama ini belum digunakan itu.

Sebelum lokasi pasar itu difungsikan, DPKP tengah merehab beberapa bagian pasar yang dianggap perlu diperbaiki. Pasar itu sendiri ditargetkan akan diresmikan akhir Mei 2015 ini.

"Setelah diresmikan (untuk pasar akik, red) bulan depan sudah masuk Ramadan. Jadi, mulai tahun ini pasar itu sekaligus sudah bisa dijadikan bazar Ramadan," tambah Joko pula.

Beberapa tempat yang diperbaiki DPKP sebelum pasar itu diresmikan yaitu pembangunan trotoar (penutup parit menggunakan papan, red), memperbaiki wc, dan penanaman bunga yang akan memperindah bangunan tua zaman bengkalis itu.

Sekedar informasi, bangunan yang akan digunakan untuk pasar akik dan lokasi bazar Ramadan itu terletak di Jalan Banglas Selatpanjang. Bangunan tua tersebut, dibangun zaman bengkalis yang hingga saat ini belum digunakan sama sekali. Seiring berjalannya waktu, bangunan yang dibangun zaman Bengkalis mulai usang dan rusak karena tidak digunakan apalagi dirawat.(zal)