JAKARTA - Kabar gembira. Google baru saja mengumumkan rencananya untuk menghadirkan game Android ke perangkat Windows tahun depan.

Dengan kata lain, game-game Android bisa dimainkan di laptop, PC, maupun tablet yang menjalankan sistem operasi besutan Microsoft tersebut.

Untuk melakukan hal tersebut, seperti dikutip dari Gizmodo, Sabtu (11/12/2021), Google mengumumkan launcher khusus Google Play Games untuk Windows.

Selain dapat memainkan game Android, launcher tersebut memungkinkan pemain untuk berganti platform secara lebih mulus saat sedang memainkan sebuah game.

Jadi, pemain nantinya dapat berganti-ganti perangkat saat memainkan sebuah game, mulai dari Chromebook, PC Windows, dan smartphone Android tanpa perlu kehilangan datanya.

Menurut raksasa internet tersebut, launcher ini dikembangkan dan didistribusikan langsung oleh perusahaan. Untuk itu, Google memastikan kehadiran launcher ini bukan merupakan bagian dari kerja sama Microsoft.

Perusahaan juga menyebut game yang dimainkan berjalan secara lokal dalam sistem, bukan sekadar streaming dari cloud.

Kendati demikian, perusahaan belum mengungkap secara detail seperti apa cara kerja launcher ini, berikut informasi lebih detailnya.

Mengingat launcher ini akan meluncur 2022, ada kemungkinan informasi lebih lanjut akan diungkap pada tahun depan. ***