PEKANBARU - Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi terbesar di Sumatera dengan beragam kultur budaya khas Melayu yang sangat kuat. Provinsi ini memiliki beragam ciri khas, termasuk dalam bidang kuliner.

Salah satunya adalah minuman khas yang diberi nama Air Mata Pengantin. Tak hanya segar, minuman ini merupakan minuman yang bersejarah loh.

Diceritakan bahwa zaman dahulu, minuman khas ini disajikan dalam acara pernikahan atau acara lainnya mengandung unsur kebahagiaan. Maka dari itu, minuman ini menjadi simbol dari air mata yang berbahagia.

Cita rasanya manis dan segar, dengan dengan komposisi sirup, agar-agar kenyal dan warna-warni, serta biji selasih dan es batu.

"Bahan pembuatan minuman air mata pengantin ini cukup mudah. Bahannya juga mudah dicari, seperti jelly, selasih, sirup dan es batu," ujar peracik minuman Air Mata Pengantin, Andang.

Ia menjelaskan, minuman air mata pengantin ini sangat banyak. Banyak peminat es Air Mata Pengantin datang dari luar kota hanya untuk mencicipi nikmatnya sajian khas dari tanah melayu ini.

"Di hari biasa, kebanyakan warga dari luar kota datang untuk menikmati minuman ini," pungkasnya. ***