BAGANSIAPIAPI - Menutup akhir tahun 2021 dan menyambut tahun 2022, masyarakat Panipahan, Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau Jumat (31/12/2021) diwarnai dengan tabliq akbar, zikir dan muhasabah di Mesjid Raya An Nas Panipahan Darat.

Tabliq akbar, zikir, muhasabah akhir tahun digelar dalam rangka malam istiqosah akhir tahun oleh masyarakat setempat dengan mendatangkan penceranah Ustaz Anggi Syahputra Tanjung dari Medan Sumatera Utara. Tabliq akbar dan zikir bersama turut menampilkan Haflah Tilawatil Quran oleh qori dan qoriah tempatan.

''Atas nama pemerintah kecamatan, saya merasa acara tabliq akbar, zikir serta muhasabah ini amat tepat dan tentunya juga perlu dilaksanakan tiap akhir tahun,'' sebut Camat Pasir Limau, Kapas Yahya Khan SH.

Menurut Yahya Khan SH, menutup akhir tahun dan menyambut tahun baru perlu dilakukan dengan kegiatan positif dan syiar Islam yang sangat besar manfaatnya serta membangkitkan khazanah resam tempatan.

''Terimakasih kepada panitia, pengurus Mesjid An Nas dan remaja mesjid karena turut menyukseskan tabliq akbar dan zikir di malam pergantian tahun yang dipimpin Khalifah H Wan Muhaimin,'' ucap Yahya Khan SH.

Penghulu Panipahan Darat Syofiar didampingi H Abdurahman Yus SPdi tokoh masyarakat Panipahan Darat menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan di akhir tahun ini merupakan langkah tepat untuk muhasabah diri .

''Ini sangat positif, perlu tiap tahun diadakan, kita berkesempatan berdoa bersama di penghujung tahun,'' sebut Syofiar.

Selain itu, menariknya di Panipahan Darat ada gerakan berinfak beras yang sudah berjalan 2 tahun yang diketuai Heri Latif.

Ustaz Anggi Syaputra Tanjung dalam tausyiahnya menyebutkan tabliq, zikir dan berdoa bersama merupakan hal positif dan tentu besar manfaatnya terlebih jika kita melihat ada 5 (lima) kelompok manusia. ''Ada kelompok mendengar tapi tak mengikutinya, ada yang mendengar saja, hal ini perlu kita perhatikan demi mencari ridho dengan tabliq ini Allah SWT memberikan rezekiNya. Karena dengan muhasabah, berzikir di malam pergantian tahun, kita berharap Allah SWT memudahkan rezeki kita di tahun 2023 mendatang dan dijauhi dari marabahaya,'' ucap Ustaz Anggi Syahputra Tanjung. ***