PEKANBARU - Dalam rangka mendukung program swasembada pangan di Provinsi Riau, Anggota DPRD Riau Dapil Siak- Pelalawan, Sugianto, menyerahkan mesin pemanen padi kepada kelompok tani di Bunga Raya.

Mesin pemanen padi ini, kata sugianto, merupakan aspirasi dari masyarakat yang dia terima saat reses tahun lalu, dan pada reses masa sidang III tahun 2021 lalu, dua mesin yang bernilai total Rp 1 Miliar ini diserahkan kepada petani.

Selain untuk memanen padi di daerah tersebut, Sugianto mendorong supaya pemuda tempatan diberi pelatihan untuk menguasai mesin tersebut, sehingga bisa menciptakan memberi efek ekonomi pada masyarakat.

"Saya dorong petani bentuk Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), nanti disoundingkan dengan Bumdes, nanti ada manajemen mulai dari SDM untuk operator, teknisi, hingga bagian accounting-nya," ujar Sugianto, Kamis (16/12/2021).

GoRiau Foto Sugianto saat menyerahkan
Foto Sugianto saat menyerahkan bantuan kepada petani di Siak.
Selama ini, jelas Politisi PKB tersebut, gabah petani banyak dibeli murah oleh tengkulak-tengkulak dari provinsi tetangga. Dengan adanya alat ini, petani bisa menjual hasil panennya dengan harga yang lebih tinggi.

"Nanti UPJA ini kerjasama dengan Bumdes supaya hasil pertanian dibeli Bumdes. Jadi yang kerja itu UPJA. SDM-nya pemuda tempatan yang sudah mendapatkan pelatihan," tambahnya.

Dengan begitu, lanjut Sugianto, mesin tersebut bisa dioperasikan ke daerah-daerah lain, jadi tidak hanya sebatas Kecamatan Bunga Raya saja. Namun, juga membantu panen padi di daerah-daerah sekitarnya. ***