PANGKALAN KERINCI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menargetkan capaian herd imunnity dapat segera tercapai. Namun hal itu bisa jadi terkendala, lantaran ketersediaan vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes mengungkapkan, jika persediaan vaksin di seluruh Puskesmas yang ada semakin menipis.

Saat ini, pihaknya masih menunggu suplai vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat dan Pemprov Riau untuk diberikan kepada masyarakat.

"Antusias masyarakat untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19 tinggi, namun ketersediaan vaksin kita terbatas. Kita masih menunggu kiriman vaksin," paparnya.

Diakui Asril, terjadi perbedaan jumlah yang sangat jauh antara masyarakat yang telah menerima vaksin dosis pertama dengan dosis kedua.

Data dari Diskes Pelalawan, masyarakat yang telah disuntik dosis pertama sebanyak 108.213 orang. Sementara yang dosis kedua baru 68.455 orang.

"Jadi 39.758 orang yang belum mendapat vaksin dosis kedua. Cukup banyak selisihnya. Memang mereka yang belum dosis kedua ini masih menunggu jadwal," tandas Asril.

Capaian vaksinasi di Kabupaten Pelalawan, lanjut Asril, masih sekitar 38 persen dari total warga yang harus disuntik vaksin hingga 17 November 2021.

Capaian tetsebut masih dibawah standar dari yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan provinsi. Disampaikan Asril, pihaknya terus mengejar capaian vaksinasi.

"Vaksinasi masih berjalan bersama organisasi dan instansi pemerintah lainnya. Sekarang kita tak memandang lagi sumber vaksinnya, yang penting datanya masuk ke Pelalawan," tutupnya, Kamis (18/11/2021).***