BOGOR – Pendakwah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) diundang Forum Masjid Citra Indah City memberikan tausyiah pada tablig akbar di Masjid Cikal Harapan, Perumahan Citra Indah City, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang dijadwalkan Jumat (17/6/2022) malam.

Menjelang kedatangan UAS di Jonggol, muncul spanduk penolakan. Spanduk berwarna hijau dengan logo GP Ansor itu dipasang tidak jauh dari lokasi tablig akbar.

''Menolak...!!! penyebaran paham khilafah dan intoleran di Citra Indah City. NKRI harga mati,'' demikian tulisan yang terpasang di spanduk itu, dikutip Republika.co.id, Selasa (14/6/2022).

GoRiau Ustaz Abdul Somad dan tim mela
Ustaz Abdul Somad dan tim melakukan perjalanan dakwah ke pedalaman Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, pada Senin-Selasa, 20-21 September 2021. (Yayasan Tabung Wakaf Umat/ republika.co.id)

Ada pula spanduk lain berwarna putih yang juga terpasang di pohon, yang berada di atas spanduk dengan logo GP Ansor. ''Tolak...!!! Penceramah provokatif, penyebar kekerasan dan radikalisme di Citra Indah City,'' begitu isi spanduk tersebut.

Sebelumnya, juga beredar video sekelompok warga yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Cinta Damai (FMCD) Citra Indah City membaca naskah berisi penolakan kedatangan UAS.

Salah seorang anggota FMCD berinisial DV mengatakan, jejak digital UAS banyak ditemukan di Youtube. Sehingga, potensi risiko paham radikal yang disampaikan UAS bisa masuk dan diakses masyarakat luas.

''Kami merasa Forum Masyarakat Cinta Damai itu hadir untuk supaya bagaimana masyarakat (Perumahan) Citra Indah tidak masuk dalam paham yang saat ini sedang ramai dibicarakan,'' kata DV ketika dikonfirmasi Republika di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6).

DV merupakan satu dari 14 orang yang membaca naskah berisi penolakan kedatangan UAS. Video itu sempat viral di berbagai kanal media sosial (medsos). Penolakan FMCD terhadap UAS beralasan agar kawasan perumahan mereka damai. Sehingga acara pengajian UAS sebaiknya dibatalkan.

Terkait spanduk penolakan kedatangan UAS, menurut DV, pemasanganya memang warga Perumahan Citra Indah sendiri. Hanya saja, ia tidak menyebutkan secara rinci identitas pemasang spanduk, yang kini sudah diturunkan panitia yang mengundang kedatangan UAS.

UAS Dipastikan Hadir

Camat Jonggol Andri Rahman mengakui, sempat ada penolakan dari sebagian warga perumahan yang tidak berkenan dengan acara tablig akbar yang mendatangkan UAS. Ia menegaskan, masalah itu sudah selesai lantaran kedua belah pihak memilih jalan perdamaian.

Dia juga menjamin, kegiatan pengajian itu berjalan sesuai jadwal dan dikawal aparat kepolisian.

''Sudah tidak ada lagi permasalahan, semuanya akan berjalan acaranya pada besok (Jumat),'' ujar Andri singkat ketika dikonfirmasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/6/2022).

Panitia tablig akbar Agus menegaskan, UAS dipastikan mengisi acara pengajian di Masjid Perumahan Citra Indah, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jumat (17/6/2022) malam WIB. Dia menuturkan, masalah penolakan kehadiran UAS yang menjadi mengisi tausiyah tabligh akbar bertajuk '3 Golongan yang Menahan Murka Allah' sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

Agus mengaku, kaget ketika video berisi 14 warga yang membuat sikap menolak kedatangan UAS viral kembali di media sosial. Hal itu mengherankan lantaran panitia acara sudah bertemu dengan para penolak.

Dia menjelaskan, panitia sangat terkejut dengan hal itu. Bahkan, menurut Agus, perwakilan UAS juga sempat ragu datang ke Jonggol lantaran nantinya ditolak warga.

Apalagi, muncul spanduk penolakan yang dipasang untuk UAS. Spanduk berlogo GP Ansor kini sudah diturunkan warga. "Sudah diselesaikan segala masalahnya dan sudah ada pertemuan dengan pihak yang keberatan, didamping oleh Ketua PCNU Kabupaten Bogor Kiai Aim (Zainudin),'' jelas Agus.***