PEKANBARU, GORIAU.COM - Pengurus  Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Riau baru dibentuk sepekan lalu. Namun begitu, demi prestasi Futsal kedepan AFD Riau yang dinakhodai Agus Syamsir langsung bekerja.

Berdasarkan rapat pengurus, Minggu (7/12/2014), menyebutkan, pertengahan Januari 2015 mendatang Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Riau akan menggelar seleksi pemain persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat (Jabar).

"Kepengurusan AFD Riau memang masih baru, tapi demi pembinaan futsal yang lebih baik di Bumi Lancang Kuning ini, Januari 2015 mendatang kita akan melakukan seleksi pemain. Ini bagian dari program jangka pendek dan jangka panjang yang akan kita lakukan," kata Agus Syamsir didampingi Sekretasi Umum AFD Riau Zulfan Effendi saat ditemui wartawan usai rapat pengurus di Priemere Hotel, Minggu (7/12/2014).

Kata Agus, nantinya dalam penyeleksian akan dibagi beberapa zona, antara lain, zona I akan dikuti Inhil, Inhu, Kuansing akan digelar di Pelalawan. Kemudian zona II, Rohil, Siak, Bengkalis, Meranti akan digelar di Kandis. Sementara zona III penyeleksian akan digelar di Kabupaten Kampar.

"Tapi masalah zona masih tentatif, yang jelas seleksi akan kita lakukan Januari dan awal maret akan dilakukan TC penuh di Pekanbaru," kata Agus.

Seleksi ini kata Agus merupakan program kerja jangka pendek pengurus baru AFD Riau dalam mempersiapkan tim bayangan PON Riau. "Para pemain yang diseleksi ini akan kita siapkan untuk menghadapi Piala Specs di Padang, April 2015 mendatang," katanya.

Sementara itu Ketua Bidang pelatih AFD Riau Drs Abrar menyambut baik rencana penyeleksian pemain futsal Riau. Mengingat secara teknik para pemain futsal di Riau termasuk yang diperhitungkan di daerah lain.

"Persiapan menuju PON di Jawa Barat memang harus segera dilakukan, kalau tidak sekarang kapan lagi," papar pembesut tim Futsal Pekanbaru saat Porprov Riau VIII di Inhu, Oktober 2014 lalu.

Kata Abrar, jika penyeleksian dilakukan lebih awal tentu persiapan tim semakin bagus. Setidaknya kata Abrar dari iven Piala Specs inilah nantilah yang akan menjadi cikal bakal pemain futsal Riau.

"Para pemain hasil seleksi ini merupakan persiapan jangka pendek AFD Riau. Selanjutnya usai kejuaraan di Padang, para pemain ini akan terus dibina dengan sistem promosi dan degradasi. Mudah-mudahan seleksi yang kita gelar ini merupakan langkah awal perbaikan dan pembinaan futsal Riau untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi," lugasnya.(rls)