SELATPANJANG - Setelah menanti sangat lama, akhirnya hujan turun juga. Hujan mengguyur Selatpanjang, Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau pada, Selasa (15/3/2016).

Pantauan GoRiau, rerintik gerimis sudah terasa sekitar pukul 21.00 WIB.

Beberapa warga Selatpanjang pun mengatakan harapannya akan turun hujan sangat besar. Sebab, mulai Januari hingga tanggal 15 Maret 2016 siang, hujan sangat jarang terjadi di Kota Sagu.

Beberapa sumur galian di rumah warga pun sudah lama mengering.

Kemudian, sekitar pukul 22.18 WIB hujan mulai turun dengan intensitas sedang. Setidaknya air hujan itu mampu membasahi kota Sagu. "Alhamdulillah. Lebatlah hendaknye," kata Rahmad, salah seorang warga Meranti yang berharap hujan turun sangat deras.

"Aei sudah payah betol. Perigi di rumah dah kering," tambah Rahmad dengan logat daerah, yang artinya akibat hujan jarang terjadi, sumur mulai mengering.

Hujan berhenti membasahi Kota Selatpanjang pada pukul 10.34 WIB.

Sebelumnya, Selasa siang, Plt Kepala BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal juga sudah menyampaikan prakiraan akan turun hujan ini. Menurut Edy, berdasarkan data Citra Radar pukul 15.30 WIB, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang terjadi mulai pukul 15.50 WIB. Diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Rohul, Rohil, Pelalawan, sebagian wilayah Bengkalis, Meranti, Kampar, Pekanbaru, Inhil, serta Inhu.

"Prakiraan BMKG Riau, hujan itu berlangsung hingga pukul 18.30 WIB dan dapat meluas ke wilayah Kuansing dan Siak," kata M Edy Afrizal dalam bincang-bincang dengan GoRiau, Selasa siang. ***