PEKANBARU - Sekretaris Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau Kepri, Ilham Mandala Anugrah mengingatkan Kementerian Dalam Negeri untuk cermat dan teliti dalam menunjuk Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau.

Sebagaimana diketahui, saat ini Panitia Seleksi (Pansel) Sekdaprov Riau memutuskan tiga nama calon kandidat yang akan dipilih Mendagri untuk mengisi kursi orang nomor satu di birokrasi pemerintahan Provinsi Riau, diantaranya SF Haryanto, Indra Suandy dan Said Mustafa.

"Kami dari kalangan pemuda dan mahasiswa berharap agar Mendagri teliti dan cermat memilih siapa Sekretaris Daerah Provinsi Riau ke depan. Kita menginginkan siapapun yang ditetapkan Mendagri untuk menjadi Sekda, harus betul-betul orang yang bersih dari rekam jejak masalah hukum dan memiliki mutu integritas yang layak," katanya, Jumat (11/6/2021).

Ilham mengatakan, kasus yang menjerat Sekdaprov Riau sebelumnya, Yan Prana yang terjerat kasus hukum, harus menjadi perhatian agar tidak terulang lagi oleh pejabat berikutnya.

"Kami tidak ingin pembangunan Provinsi Riau ini tidak berjalan maksimal dikarenakan pejabat-pejabatnya selalu tersandung masalah hukum," ujar Mahasiswa Pascasarjana Kessos UI tersebut.

Dari tiga nama itu, HMI memberikn atensi khusus untuk SF Haryanto. Sebab, dari informasi dan data yang diperoleh, SF Haryanto ini memiliki rekam jejak yang panjang terkait masalah hukum.

"Dan ini sudah menjadi rahasia umum. Beliau beberapa kali dipanggil menjadi saksi untuk berbagai kasus korupsi," tutupnya. ***