SELATPANJANG - Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) dan sarana sanitasi sekolah melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Mengkikip, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau sudah rampung dan sudah siap untuk diserahterimakan.

Sebelum ditandatangani berita acara serah terima (BAST) sarana, terlebih dulu dilakukan pemeriksaan terhadap hasil kegiatan, dokumen dan verifikasi terhadap draft BAST melalui pengecekan di lapangan oleh Tim Pengelola Program Pamsimas Kabupaten Kepulauan Meranti. Ditargetkan Minggu depan sudah dilakukan serah terima.

Verifikasi juga melibatkan pihak pemerintah desa dan tokoh masyarakat dan pejuang Pamsimas tingkat desa yang tergabung dalam Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Mengkikip Berkah.

District Project Management Unit (DPMU) Kabupaten Kepulauan Meranti yang diwakili anggota Kasi Air Minum Bidang CKJK Dinas PUPRPKP, Fakhruddin M,Eng dengan didampingi Koordinator Pamsimas (DC) Joshua Simanungkalit, ST bersama Co DC Mustain dan Harwin ST bersama Tim II Fasilitator Masyarakat, Fathurrahman Alfaruq, S.Psi, Sofya Desraiyani, ST, dan Fitriyani, S.Pdx mengunjungi Desa Mengkikip untuk melakukan pengecekan lapangan dan verifikasi naskah BAST, Selasa (24/8/2021).

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke sarana reservoir yang dibangun yang selanjutnya dilakukan uji fungsi program oleh tim gabungan meliputi pengecekan menara air, sarana cuci tangan (SCT) sekolah, perpipaan, serta Sambungan Rumah (SR).

Untuk pengecekan SR, rombongan melakukan pengecekan di tiga rumah yang berbeda. Rumah yang pertama adalah paling terdekat dengan menara air, rumah kedua merupakan pertengahan dan rumah ketiga adalah paling ujung dari aliran air Pamsimas, ketiga SR yang diperiksa memiliki debit air yang baik di setiap rumahnya.

Fakhrudin, M.Eng selaku ketua tim DPMU menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Ia melaporkan program Pamsimas sudah selesai dilaksanakan di Desa Mengkikip dan siap untuk diserahterimakan agar dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Ia juga menyampaikan rasa syukur dengan selesainya pekerjaan Pamsimas, dan tepat waktu dari target dalam perjanjian kerjasama yang ditargetkan. Kepada warga yang hadir ia menitipkan pesan agar bantuan pemerintah dapat dirawat dan dipelihara dengan baik, selanjutnya dipercayakan untuk dikelola oleh Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi atau KPSPAMS sehingga sarana yang sudah dibangun dengan susah payah dapat terus memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat penerima manfaat.

"Pamsimas ini sudah selesai dikerjakan. Hal ini merupakan bukti dari sebuah kolaborasi, baik itu dari Pemdes maupun masyarakat desa dengan segala pengorbanan pemikiran, waktu dan tenaga dalam mewujudkan Ssarana terbangun yang sudah tertuang di dalam RKM," kata Fakhruddin.

"Secara keseluruhan uji fungsi terhadap program Pamsimas Mengkikip Berkah telah berfungsi dengan baik dan sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tim Gabungan juga menyampaikan kepada Pemdes, KKM dan Satlak Mengkikip Berkah, Segera dibentuk KPSPAMS dan ditetapkan Iurannya melalui Perkades, hal ini demi menjaga dan merawat sarana dengan baik dalam mewujudkan kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih melalui Program Pamsimas ini," ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Desa Mengkikip, Ridwan mengucapkan syukur yang mendalam atas telah diuji fungsikan program Pamsimas, dia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang terlibat didalamnya.

"Ini akan menjadi tanggung jawab kami demi mewujudkan keberlanjutan Pamsimas di Desa Mengkikip, sehingga ini akan dikelola bersama KPSPAMS yang akan dibentuk. Tak lupa ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, provinsi serta kabupaten yang senantiasa memberi sentuhan dari terobosan program untuk meningkatkan kesejahteraan serta insfrastruktur desa kami," ungkapnya.***