BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau sudah menargetkan selama bulan Mei 2015, seluruh proyek sudah dilelang. Tidak ada alasan, tidak melelang karena semua proses sudah dilalui.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Rokan Hilir, Erianda SE kepada GoRiau.com, Selasa (5/5/2015).

''Kita heran, kenapa SKPD belum mengajukan rencana umum pengadaan dan lelang. Tidak ada alasan lagi bagi SKPD mengulur-ulur pelaksanaan lelang. Waktu terus saja berjalan. Belum lagi kita harus mengejar waktu untuk melaksanakan APBD Perubahan,'' tegas Erianda,SE.

Menurut keterangan Erianda, DPA sebagian sudah ditandatangani. Lelang proyek bisa saja sejalan dengan ditandatangani DPA oleh pejabat berwenang. Jika harus menunggu semuanya, kapan lagi harus lelang. Padahal, awal bulan mei ini, seluruh proyek sudah mulai jalan.

Dikatakannya, Pokja lelang sudah ditunjuk. Untuk tahap awal, seharusnya SKPD melelang sisa paket tahun 2014 lalu. Untuk itu, seluruh Satker hendaknya mengajukan RUP ke Lembaga Penyedia Sarana Elektronik (LPSE).

Proyek yang dianggap vital bagi masyarakat seperti jalan dan jembatan diutamakan untuk dilelang serta diselesaikan pengerjaannya. Apalagi proyek pembetonan yang menelan waktu sekitar lima hingga enam bulan lamanya.

''Saya kembali menegaskan agar bulan Mei ini, lelang proyek sudah harus berjalan. Hal ini untuk menghindari penyelesaian proyek yang memakan waktu yang cukup lama,'' tutupnya. (amr)