JAKARTA, GORIAU.COM - Panitia Islamic Solidarity Games III 2013 di Pekanbaru, 6 -17 Juni 2013 mendatang memang telah menetapkan 17 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Kendati begitu, Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) berharap panitia mau mempertimbangkan selam untuk dipertandingkan.

Sekjen PB POSSI, Merari Nainggolan dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/12/2012) mengharapkan panitia lokal mau memperjuangkan seperti yang pernah dijanjikan.

"Panitia lokal memang pernah menjanjikan akan memperjuangkan fin swimming untuk dipertandingkan di ISG III. Namun, ternyata selam tidak masuk," sesal Merari.

Lanjut Merari, andai nomor fin swimming dipertandingkan di ISG III, pihaknya optimis akan mampu menyumbangkan setidaknya empat medali emas bagi Indonesia. Keyakinan Merari berangkat dari catatan prestasi yang diperlihatkan atlet-atlet selam Indonesia yang selalu menjadi penyumbang medali emas. Di SEA Games 2009, misalnya, tim selam Indonesia berhasil meraih tiga medali emas. Begitu pula di SEA Games 2011, tim selam Indonesia berhasil meraih medali terbanyak dengan 7  emas, 8 perak, dan 2 perunggu.

Di tingkat yang lebih tinggi di level Kejuaraan Asia 2010, atlet selam putri Indonesia Margaretha Herawati juga berhasil keluar sebagai juara pada nomor 100 meter fin swimming.

Tentang kemungkinan bertambahnya cabang olahraga yang dipertandingkan di ISG III, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo mengungkapkan peluangnya sangat kecil. "Karena untuk menentukan cabang olahraga yang dipertandingkan sudah melalui pertemuan dengan para delegasi masing-masing negara," ujar Rita. (rsp)