PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelarian M Ikbal usai membibol sel tahanan Polsek Bukit Raya, Pekanbaru, akhirnya terhenti. Aparat kepolisian berhasil mengamankan pelaku kejahatan pencurian kendaraan sepeda motor ini tidak jadu dari lokasi kejadian.

"Seorang tahanan yang berhasil diamankan itu yakni Muhammad Ikbal, pelaku pencurian sepeda motor," kata Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Bukit Raya, Pekanbaru Ajun Komisaris Dedi Suryadi kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis siang (28/11/2013).

Seorang tahanan yang kabur itu menurut dia, berhasil diamankan dekat rumah makan tidak jauh dari Polsek Bukit Raya pada pukul 08.00 WIB. Sementara tiga tahanan yang kabur lainnya yakni Abdul tahanan kasus perampokan, Dian Fermansyah juga kasus perampokan, dan Aprinaldi tahanan kasus penggelapan sepeda motor, demikian Dedi, sejauh ini masih dalam pengejaran.

"Upaya-upaya terus dilakukan dan kami juga telah membentuk tim untuk mengejar para tahanan yang kabur itu," kata Kapolsek Bukit Raya Kompol M Sembiring yang dihubungi di Pekanbaru.

Informasi kepolisian menyebutkan, sebelumnya empat pelaku itu berhasil kabur dari ruang sel tahanan setelah menggergaji pintu teralis besi sel dan merusak gembok serta menjebol plafon teralis besi. "Saat ini kami fokus melakukan pengejaran tahanan yang kabur lainnya. Masih di lapangan," kata Kapolsek.

Kasus tahanan kabur di Riau telah beberapa kali terjadi dan kerap merepotkan aparat kepolisian. Bahkan pada pertengahan 2013, seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru nekat berusaha kabur dengan cara memanjat pagar setinggi 10 meter yang mengelilingi lapas.

Namun akhirnya pelaku dapat segera diamankan setelah sempat melukai seorang petugas kepolisian dengan senjata tajam. "Untuk kasus tahanan kabur ini, kami akan berupaya maksimal," katanya.(fzr/ant)