PEKANBARU, GORIAU.COM - Satpol PP akhirnya membuka paksa pintu masuk ke Stadion Utama Riau, Senin (4/3/2013). Pembukaan pintu karena ada kunjungan Ketua KOI Rita Subowo untuk melihat kesiapan stadion jelang menyelenggarakan ISG 2013.

Buka paksa pintu masuk dilakukan puluhan anggota Satpol dengan cara menggeser besi penghalang ke sisi kiri dan kanan jalan masuk. Hanya saja, karena kokohnya blokade yang dibuat, Satpol PP hanya bisa menggeser sehingga kendaraan bisa masuk.

Penutupan pintu masuk dilakukan kontraktor karena tunggakan piutang belum dibayarkan oleh Pemprov Riau. Menurut kontraktor yang bergabung dalam kerja sama operasi (KSO), semua aktifitas di stadion utama tidak diperbolehkan karena Pemprov Riau masih menunggak Rp 147 miliar untuk fisik stadion dan perawatan serta. Rp144 miliar kepada Adhi Karya untuk pembangunan sarana dan fasilitas pendukung.

''Kita membuka akses masuk karena rombongan Ketua KOI Rita Subowo akan meninjau stadion,'' ujar Kepala Bidang Penindakan Satpol PP Provinsi Riau, Iswadi, Senin (4/3/2013).

Sebelumnya Deputy Project Manager. Stadion Utama Riau PT Adhi Karya, Ahmad Samsu, membantah pihaknya berniat menghalangi pelaksanaan ISG itu. KSO mendukung ISG, termasuk rencana memakai Stadion Utama Riau tapi Pemprov harus membayar sisa hutang. Jika tidak maka semua kegiatan di Stadion Utama Riau tidak diperbolehkan. (nti)