PEKANBARU - Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Dumai, Satlantas Polres Dumai mengintensifkan kegiatan patroli di malam hari.

Kegiatan patroli dengan sandi blue light malam hari yang dilakukan Satlantas Polres Dumai bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, yang masih beraktivitas di malam hari.

Selain untuk memberikan rasa aman, Satlantas Polres Dumai juga mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Patroli blue light ini merupakan program dari Kapolda Riau untuk menghadirkan polisi di tengah masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan kehadiran polisi lalu lintas di jalan serta mencerminkan kesiapsiagaan Polri di tengah masyarakat," kata Kapolres Dumai AKBP Muhammad Kholid melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, kepada GoRiau, Kamis (13/1/2022) malam.

Akira menjelaskan, patroli blue light yang dimaksudkan yaitu kegiatan patroli rutin kepolisian yang dilakukan pada malam hari dengan rute acak menggunakan roda empat patroli Dinas Lalulintas dan Samapta dengan menyalakan sorot lampu rotator khas kepolisian yang berwana biru sebagai tanda hadirnya personel Polri di tengah-tengah masyarakat.

Tidak hanya di malam, hari patroli penguatan kehadiran polisi di tengah masyarakat juga dilakukan di pagi dan siang hari.

"Untuk kegiatan patroli ini, akan kami utamakan di daerah rawan terjadinya kejahatan C3 dan balap liar seperti Jalan Putri Tujuh dan Jalan Bahtera, Kelurahan Purnama. Sejumlah jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Jalan Sultan Syarif Kasim dan Jalan Soebrantas," tambah Kasat Lantas.

Diharapkan dengan keberadaan petugas Polri yang melaksanakan patroli tersebut mampu memberikan dampak pada situasi Kamtibmas, di antaranya dapat mengurungkan niat para pelaku kejahatan, mencegah terjadinya gangguan, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dan beristirahat dengan tenang.

"Kami langsung berinteraksi dengan masyarakat. Selain menghimbau menjaga Kamtibmas, kami juga memberikan himbauan mematuhi prokes guna mencegah penyebaran Covid-19," ungkapnya. ***