RUPAT UTARA - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dan rombongan melakukan Safari Ramadan di Kecamatan Rupat Utara, tepatnya di Masjid Besar Nurul Huda Desa Tanjung Medang, Selasa malam (14/5/2019).

Sebelum menuju ke Masjid Besar Nurul Huda Desa Tanjung Medang, Bupati beserta istri dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis buka puasa bersama di Rumah Dinas Camat Rupat Utara.Rangkaian acara tersebut diawali dengan kultum oleh Ketua DewanDakwah Islam Indonesia Kabupaten Bengkalis Ustadz Muhammad Subli. Dilanjutkan dengan salat maghrib berjamaah. Selanjutnya, Bupati Bengkalis dan rombongan menuju Masjid Besar Nurul Huda Desa Tanjung Medang.

Rangkaian Safari Ramadan dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim, penyaluran bantuan kepada kaum dhuafa dan penyerahan bantuan kepada masjid dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Bank Riau Kepri.

Bupati dalam sambutannya mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Rupat Utara untuk menunaikan zakat.''Melalui zakat kita dapat berbagi. Zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Diantara sebagian rezeki kita didalamnya juga terdapat rezeki orang lain,'' ucap Bupati Bengkalis dihadapan jamaah masjid Besar Nurul Huda Desa Tanjung Medang.

Ads
Selain itu, dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk waspada terhadap bahaya narkoba yang telah menguasai para generasi muda, khususnya di Kabupaten Bengkalis.

''Mari kita bersama jaga anak-anak kita agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan apalagi sampai terjerumus oleh narkoba. Ajak anak-anak kita untuk melakukan hal-hal yang positif seperti berorganisasi atau dengan mengikuti kegiatan-kegiatan olahraga dan lain sebagainya,'' pesan Bupati.

Santunan dan Bantuan

Tidak berbeda jauh dengan Safari Ramadan di Kecamatan lainnya, pada malam itu Bupati Amril juga menyerahkan berbagai bantuan dan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa di Kecamatan Rupat Utara.

Bantuan yang diserahkan meliputi bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk anak yatim 25 orang, kaum dhuafa 25 orang serta bantuan dari Baznas sebanyak 10 orang.

Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis sebanyak 13 orang berupa kebutuhan pokok dan lanjut usia. Kemudian program K3s untuk kaum dhuafa 20 orang dan anak yatim sebanyak 40 orang.

Kemudian penyerahan Al-Quran sebanyak 50 buah, papan informasi Masjid dan jam digital waktu shalat serta program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Riau Kepri sebesar Rp30 juta untuk 2 Masjid.

Penyerahan bantuan dan santunan diserahkan usai shalat tarawih berjamaah, oleh Bupati Amril didampingi Ketua Baznas Bengkalis Ali Ambar,Kepala Kantor Kemenag H. Jumari sejumlah pejabat lainnya.***