TIVAOUANE – Sebelas orang bayi yang tengah berada dalam inkubator tewas akibat kebakaran hebat yang terjadi pada sebuah rumah sakit di kota Tivaouane, Senegal, Rabu (26/5/2022) waktu setempat.

Dikutip dari Kompas.com, Wali Kota Tivaouane Diop Sy di radio RFM menyebut, hubungan arus pendek menjadi penyebab kebakaran Rumah Sakit Mame Abdoul Aziz Sy Dabakh tersebut.

Diop menuturkan, kobaran api menyebar dalam waktu kurang dari lima menit. Dua perawat tidak dapat menyelamatkan bayi di inkubator mereka, sehingga semuanya meninggal dunia.

Presiden Senegal Macky Sall memecat menteri kesehatannya, Abdoulaye Diouf Sarr pasca insiden tersebut. Namun, dekrit yang mengumumkan pemecatan itu, yang dibacakan di televisi nasional, tidak merinci alasan keputusan presiden itu.

Sall juga mengumumkan tiga hari berkabung nasional. Kantornya mengatakan dia akan mempersingkat perjalanannya ke KTT Uni Afrika (AU) di Guinea Ekuatorial untuk kembali ke Senegal pada Jumat (27/5/2022). Sall notabene adalah penjabat presiden AU.

Menteri Dalam Negeri Senegak Antoine Felix Abdoulaye Dione mengatakan Sall telah memerintahkan penyelidikan atas kebakaran rumah sakit tersebut serta audit unit neonatal secara nasional.

Pakar kesehatan masyarakat telah memperingatkan bahwa banyak rumah sakit di Afrika yang kekurangan dana dan kekurangan staf telah melampaui kapasitas mereka oleh pandemi Covid-19, membuat mereka tidak dapat mempertahankan standar keselamatan yang dapat diterima.

Seorang ahli risiko dan keamanan yang memeriksa unit tersebut, Amadou Kanar Diop, mengatakan bahwa tembok rumah sakit itu hangus dan staf yang bertugas tampaknya kewalahan.

''Dapat dilihat bahwa mereka menggunakan beberapa tabung pemadam kebakaran,'' jelas dia kepada Reuters.

Sementara itu, dikutip dari AFP, posisi Menkes Senegal akan digantikan oleh Marie Khemesse Ngom Ndiaye. Dia adalah mantan direktur jenderal otoritas Kesehatan masyarakat.

''Saya baru saja belajar dengan rasa sakit dan cemas tentang kematian 11 bayi yang baru lahir dalam kebakaran di departemen neonatal rumah sakit umum,'' ujar Macky Sall dalam cuitannya.

''Kepada ibu mereka dan keluarga mereka, saya menyampaikan simpati saya yang terdalam,'' tambah Sall.***