PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun menyebutkan, dipersulitnya pengeluaran izin Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Provinsi Riau oleh Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan, membuat Riau tidak akan bisa berkembang.

Hal ini dikarenakan upaya membangun atau melakukan perubahan di beberapa titik wilayah di Riau. Karena terhambat kawasan Riau yang masih didominasi kawasan hutan. "Kita tidak akan bisa membangun Riau jika ini tidak secepatnya diseutujui," terang Gubri.

Untuk itu, rencananya Gubri bersama Ketua DPRD Provinsi Riau, Johar Firdaus bersama tim akan menemui Menhut, Zulkifli Hasan untuk meminta pengertian dan kebijaksanaannya dalam hal ini.

"Rencananya pekan depan kita akan menghadap Menhut untuk membicarakan kembali hal ini. Kita tidak akan bisa membangun dan mengembangkan Provinsi Riau jika masih terkendala RTRW ini," jelas Gubri.

Menurutnya, masalah RTRW ini sudah berlangsung sejak lama. Usulan terakhir sudah disampaikan sejak 18 bulan yang lalu. Namun hingga saat ini masih 'terparkir' di meja Menhut. "Prosesnya hanya tinggal tandatangan saja, jika itu selesai, semua sudah tidak ada masalah lagi," sambung Gubri.

Namun apa dan bagaimana bentuk penguatan sekaligus upaya yang akan dikuatkan Gubri bersama tim saat bertemu Menhut nanti? Gubri menjelaskan, pihaknya akan memberi pemahaman kepada menteri bahwa keinginan Riau untuk mengembangkan daerah sangat tinggi.

"Banyak yang akan kami lakukan, namun kondisi RTRW ini menjadi masalah utama yang belum bisa dituntaskan," ungkapnya.***