BENGKALIS - Pantai Tanjung Lapin, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berubah jadi lautan manusia saat berlangsungnya Ritual Mandi Safar, Sabtu (5/12/2015). Puluhan ribu warga, baik dari Rupat maupun dari luar Rupat berbondong-bondong hadir untuk menyaksikan pesta budaya sekaligus menikmati panorama keindahan Pantai Tanjung Lapin dengan pasir putihnya sambil menghadap ke Selat Meraka.

Event yang sudah menjadi agenda rutin, tahun ini terasa istimewa karena untuk pertama kalinya dihadiri oleh Plt Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rahman dan isteri beserta sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Kemudian Penjabat Walikota Dumai, Arlisman Agus serta sejumlah pejabat Pemko Dumai juga hadir dalam kegiatan tersebut. Kemudian Pj Bupati Bengkalis, H Ahmad Syah Harrofie dan isteri serta pejabat teras di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Saking ramainya masyarakat untuk menyaksikan event budaya yang sudah tradisi turun temurun masyarakat Rupat ini, jalan menuju Pantai Tanjung Lapin macet total. Masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, harus rela berjalan kaki cukup jauh untuk sampai ke lokasi karena kendaraan tidak bisa masuk menuju lokasi.

Walau demikian, masyarakat tampak sangat antusias kendati cuaca siang itu cukup terik. Mereka datang bersama keluarga keluarga dengan membawa berbagai perlengkapan seperti bekal dan tikar yang bentang di sepanjang hamparan pasir putih pantai Tanjung Lapin.(ail)