SIAK SRI INDRAPURA - Haul Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani ke-880 yang digelar di Rumah Suluk Riyadus Shalik Kampung Gabung Makmur kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Riau diikuti ribuan masyarakat muslim.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Siak H Jamaluddin yang juga menghadiri acara tersebut mengajak masyarakat untuk dapat meneladani akhlak dari ulama tersebut. Kegiatan ini mengandung nilai ibadah yang sangat bermakna di hati masyarakat.

"Selain untuk mendoakan keberkahan, sekaligus dapat mengenang jasa dan hasil perjuangan para syekh atau para alim ulama, yang telah berdakwah mengajarkan tuntunan syariat dan akhlak yang baik," katanya, Senin (09/12/2019).

Saat ini di Kabupaten Siak ada 32 pesantren yang tersebar di seluruh kecamatan. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan generasi yang cinta dan hafal alquran.

"Kita menginginkan generasi penerus yang hafal quran pada saat 100 tahun Indonesia merdeka menjadi generasi emas, yang akan membangun Indonesia kedepannya," ungkapnya.

Selanjutnya Ia mengajak para Jama'ah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Siak untuk menjadikan peringatan Haul ini, sebagai momentum untuk meningkatkan amal ibadah serta memantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai keislaman.

Pengajian tahunan ini dihadiri umat muslim dari berbagai daerah seperti Kepulauan Meranti, Rohul, Inhu, Pelalawan, Pekanbaru dan Kampar.

Kegiatan diisi dengan Zikir, Tahlil, Doa bersama yang dipimpin oleh pimpinan pondok kemudian seusai Zikir, acara dulanjutkan dengan tausiyah oleh Agus Nurahman dari Sidoarjo dan KH Oman Sahroni dari Jakarta tentang keagungan dan karomah Tuan Syekh Abdul Qadir.

Jamal juga mengatakan terkait pembangunan aula di rumah suluk ini akan dimulai pekerjaannya pada tahun 2020 yang akan datang. ***