TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Sebagai wujud transformasi dan keterbukaan informasi, PT. Riau Andalan Pulp and Paper memberikan kesempatan kepada puluhan siswa/i dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) untuk melihat langsung kegiatan pengelolaan hutan secara lestari, di Estate Cerenti, Kabupaten Kuansing.


Koordinator Region Community Development (CD) RAPP di Kuansing, Mahmud Hasyim, S.Pi mengatakan kunjungan yang dinamakan dengan program EduGreen atau Pendidikan Lingkungan ini, berlangsung pada hari Kamis (22/5) baru-baru ini, melibatkan 25 orang siswa-siswi penerima beasiswa termasuk 5 orang guru pendamping, ditambah 6 orang mahasiswa penerima beasiswa di Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta serta 4 orang perwakilan Lembaga Konservasi Desa (LKD) Desa Pulau Kopung.


”Inilah wujud keterbukaan informasi dan tranformasi perusahaan kepada masyarakat terutama para generasi penerus bangsa di Kuansing. Melalui Edugreen ini, diharapkan siswa memahami betul bagaimana pentingnya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan,” kata Mahmud.


Manajer Estate Cerenti, RAPP, Rudianto mengharapkan melalui kegiatan Edugreen ini dapat membantu pemerintah mengenalkan program pengelolaan lingkungan, pendidikan lingkungan dan penyadaran masyarakat akan arti penting kawasan konservasi demi terjaganya kelestarian alam dan mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya generasi penerus bangsa tentang pemahaman lingkungan khususnya Kawasan Lindung.


”Kita mencoba mengenalkan proses produksi dan pengelolaan lingkungan perusahaan secara berkelanjutan serta menumbuhkan kesadaran kritis dan menanamkan kepedulian lingkungan kepada siswa dan para guru sekolah, selanjutnya kami menyambut baik niat dari sekolah untuk menjadikan RAPP Estate Cerenti sebagai mitra fasilitator pendidikan lingkungan, sehingga ke depannya, generasi penerus tidak hanya mampu memanfaatkan sumberdaya hutan, tetapi juga memelihara dan melindunginya.” ungkap Rudi.


https://www.goriau.com/assets/imgbank/28052014/rapp2jpg-898.jpg
Mahasiswa dan para siswa-siswi berfoto bersama di wilayah Hutan Konservasi dan Hutan Tanaman Industri (HTI) RAPP di Estate Cerenti, Kamis (22/5) beberapa waktu lalu.

Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gunung Toar, Elfi Diana, SP dalam sambutannya berterimakasih kepada RAPP yang telah membantu dan melakukan kegiatan Edugreen ini khususnya untuk siswa dan masyarakat.


”Saya berharap perusahaan tidak bosan-bosannya memberi bantuan kepada masyarakat baik untuk pengembangan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan masyarakat maupun sosial infrastruktur dan budaya, sebab kegiatan ini sangat membantu pihak sekolah dan dapat dijadikan muatan lokal untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa/i tentang Lingkungan dan Kehutanan”, kata Elfi.


Dalam study tour kali ini, para siswa diajak masuk ke dalam hutan konservasi, yang dimulai dengan melihat KPPN (Kawasan Pengembangan Plasma Nutfah), dilanjutkan ke proses pengelolaan lingkungan, proses pekerjaan di pembibitan atau nursery hingga ke penanaman di lapangan sekaligus kegiatan reboisasi di kawasan greenbelt atau penyangga yang sudah mulai kritis. Turut hadir perwakilan RAPP di kegiatan EduGreen ini, Askep Forest Protection, Siswanto, CD Officer, Ismed Inono, Environment Officer, Suarta, SGR Officer, Nafrizon Zaini dan PMB Cerenti, Yudianto dan Febriono. (rls)