PANGKALAN KERINCI – Puluhan sampan beradu cepat pada lomba balap sampan robin di Sungai Kampar, Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Sabtu (21/5/2022).

Sebanyak 26 sampan kayu mengikuti perlombaan adu cepat sampan bermesin robin.

Peserta merupakan para nelayan yang berasal dari Desa Kuala Terusan, Buluh Cina, Nilo dan sekitarnya. Lomba dibuka oleh Wakil Ketua II DPRD Pelalawan, Faizal, SE M.Si.

"Balap sampan robin ini digelar masih dalam suasana Idul Fitri, sekaligus sebagai ajang silahturahmi masyarakat," tutur Faizal.

Menurutnya, iven lomba balap sampan robin tersebut untuk pertama kalinya digelar oleh pihak desa.

GoRiau Wakil Ketua II DPRD Pelalawan,
Wakil Ketua II DPRD Pelalawan, Faizal, SE M.Si buka lomba tarik tambang di Kuala Terusan, Pangkalan Kerinci, Sabtu (21/5/2022). (foto-istimewa)

"Ini menjadi moment spesial. Iven ini baru kali pertama dilaksanakan oleh desa, tentunya ini patut kita dukung dan kedepan dapat menjadi setiap tahunnya," katanya.

Dikatakan Ketua DPD PAN Pelalawan ini, lomba balap sampan robin Desa Kuala Terusan sangat berpotensi menjadi destinasi wisata andalan di Pangkalan Kerinci.

"Ini juga potensi wisata Kuala Terusan dan diharapkan ini dapat menjadi agenda tahunan. Ini patut kita dukung," tandas Faizal.

Selain lomba balap sampan robin, sejumlah lomba lainnya juga digelar di Desa Kuala Terusan, diantaranya lomba tarik tambang, pacu goni dan beberapa lomba lainnya.***