PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Sukses di tahun 2013 lalu, program percepatan infrastruktur desa atau kelurahan (PPIDK) di Kabupaten Pelalawan menjadi sejarah emas, sehingga di tahun ini, PPIDK akan kembali dilaksanakan dengan jumlah anggaran yang lebih besar.


"Tahun ini PPIDK kembali dilaksanakan dengan nilai anggaran di APBD murni sebesar 60,7 miliar, yang pelaksanaanya akan dimulai pada bulan Juni mendatang," terang Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Pelalawan, Zamur Das, Rabu (19/3/2014).


Disebutkan Zamur, untuk anggaran PPIDK tahun 2013 lalu, dengan anggaran sebesar 60,7 miliar tersebut sudah include dengan APBD perubahan.


"Sedangkan pelaksanaan PPIDK tahun 2014 ini, di APBD murni tahun 2014 saja senilai 60,7 miliar, belum termasuk anggaran APBD perubahan nanti. Dan pak Bupati pernah menyatakan, jika dalam APBD perubahan nanti berkemungkinan ada penambahan dana PPIDK sekitar 40 miliar lagi,"sebutnya.


Dijelaskan Zamur, Pemda Pelalawan menargetkan total keseluruhan dana anggaran PPIDK tahun 2014 ini berjumlah sekitar 100 miliar lebih.


"Untuk pelaksnaan tahap pertama akan dimulai sekitar bulan Juni mendatang. Dan saat ini PPIDK masih dalam proses musyawarah di tingkat desa sekaligus pemilihan pengurus kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang akan melakukan pembangunan melalui dana PPIDK,"jelasnya.


Masih kata Zamur, setelah KSM terbentuk, selanjutnya KSM akan memasukkan rancangan anggaran biaya (RAB) dan desain engineering detail (DID) bersama pihak kecamatan.


"Proses akan sama seperti tahun lalu. Tim dari kita akan turun kelapangan untuk memantau pembangunan yang akan dilaksnakan sesuai RAB dan DID yang telah diajukan melalui kecamatan."Katanya.


Zamur berharap, terhadap peningkatan mutu serta kualitas pembangunan infrastruktur pada tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.


"Dana PPIDK dengan anggaran 400 juta hingga 500 juta ini, diharapkan bisa menggesa pembangunan. Pembangunan jalan semenisasi, jembatan dan jaringan listrik paling banyak diusulkan oleh desa dan kelurahan,"bebernya.(rkn)