PEKANBARU - Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau memperbaiki portal Jembatan Siak I (Leighton) pada sisi Rumbai yang dilaporkan miring nyaris tumbang pada Minggu (2/8/2020) yang lalu.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau, Taufiq Oesman Hamid mengatakan, bahwa perbaikan portal jembatan yang miring tersebut dilakukan pada malam hari untuk menghindari volume lalu lintas kendaraan masyarakat.

"Kami langsung melakukan survei baik di portal sisi Rumbai maupun dari sisi Pekanbaru. Dan yang di portal sisi Pekanbaru diketahui telah tidak terpasang lagi atau hilang. Makanya hal ini juga segera kami laporkan ke Polsek Senapelan," kata Taufiq kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (5/8/2020).

Kondisinya di lapangan, kata Taufiq, portal tersebut sudah berada di sisi kanan portal dengan kondisi baut terlepas. "Bahkan, plat untuk kedudukan baut terlihat sudah rusak dan tidak rata lagi," ujarnya.

Makanya, pihaknya pun akhirnya melakukan perbaikan terhadap kedua portal baik sisi Pekanbaru maupun sisi Rumbai tersebut.

Lalu, untuk mempercepat perbaikan ini, Dinas PUPR-PKPP pun mendatangkan peralatan dari UPT Peralatan yaitu Forklift dan Mobil Trado sebagai pengangkut.

Pelaksanaan perbaikannya sendiri, lanjut Taufiq, untuk portal sisi Rumbai, kemiringan portal kembali ditarik dengan menggunakan Mobil Trado dan Forklift sebagai pendorong sehingga menjadi lurus Kembali. Sedangkan, untuk portal sisi Pekanbaru, palang portal yang terlepas kembali diangkat dan diperbaiki sehingga dapat terpasang kembali sebagaimana mestinya.

"Jadi, portal Jembatan Siak I Leighton tersebut sudah diperbaiki, baik dari sisi Rumbai maupun portal sisi Pekanbaru yang ditemukan sudah tidak terpasang tersebut. Pekerjaan perbaikan ini selesai pada pukul 02.30 wib atau dini hari pada tanggal 3 Agustus 2020," ujarnya. ***