PEKANBARU – Politisi PDIP, Sugeng Pranoto, mengajak semua masyarakat Riau agar menjadikan momentum hari kelahiran Pancasila yang jatuh hari ini untuk mewujudkan cita-cita pendiri bangsa.

Dikatakan Anggota DPRD Riau ini, Presiden RI Jokowi sendiri sudah menandatangani Kepres bahwa setiap tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional, tujuannya adalah agar semua bisa merenungi makna mendalam dari Pancasila.

Indonesia, jelas Legislator Dapil Inhu-Kuansing ini, bukan didasari oleh satu kitab suci saja, tapi merupakan rangkuman dari semua kitab suci. Meskipun, dia meyakini semua kitab suci mengajarkan hal yang baik.

"Islam tak ada mengajarkan kekerasan, begitu juga agama lain. Semua tokoh agama saat itu menyepakati bahwa Pancasila adalah dasar negara, sehingga tak ada benturan antara semua agama," ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Riau ini, Rabu (1/6/2022).

Bila ditelisik lebih jauh, peran Bung Karno sangat penting dalam perumusan Pancasila, dimana Bung Karno merupakan pendiri negara yang sangat aktif menjumpai para tokoh-tokoh, termasuk tokoh agama.

"Semua dirangkum dalam Pancasila dan disodorkan di rapat BPUPKI, dan dirumuskan oleh banyak tokoh. Dan diputuskan bahwa butir-butir Pancasila masuk dalam Pembukaan UUD 1945, yang sampai kiamat tidak boleh diganti," tegasnya.

Jika dikaitkan dengan kondisi hari ini, menurut Sugeng, pengamalan nilai-nilai Pancasila harus lebih diperkuat lagi ke masyarakat, terutama generasi muda yang banyak beraktivitas di dunia maya.

"Silahkan bermedia sosial, tapi jangan lari dari koridor Pancasila, kita harus saling menghargai, jangan merasa paling benar, apalagi menyalah-nyalahkan agama orang lain," tutupnya. ***