PALEMBANG -- Tiga petugas Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mendadak mendatangi rumah putri Akidi Tio, Heriyanti, di Kecamatan Ilir Timur 1, Palembang, Sumsel, menggunakan ambulans, Selasa (3/8/2021).

Dikutip dari Kompas.com, ambulans milik Diskes Sumsel itu terlihat terparkir tepat di depan kediaman Heriyanti. Tiga petugas Diskes masuk ke rumah sambil membawa tabung oksigen.

Suami Heriyanti, Rudi Sutadi sempat terlihat keluar membawa tabung oksigen. Sementara, dua petugas kesehatan lainnya masuk ke dalam rumah.

Teja Kusuma, salah satu petugas Diskes Sumsel yang datang ke rumah Heriyanti mengatakan, mereka diminta oleh pimpinan untuk datang ke rumah Heriyanti sembari membawa tabung oksigen.

Awalnya Teja tak tahu bahwa rumah itu adalah rumah anak Akidi Tio yang kini menjadi sorotan.

''Kami hanya diminta datang, tidak tahu kalau ramai begini,'' kata Teja.

Satu tabung oksigen dibawa masuk ke rumah Heriyanti. Namun, Teja mengaku tak mengenal orang yang membutuhkan tabung oksigen tersebut.

''Kalau yang sakit kurang tahu, tadi ada bapak-bapak (suami Heriyanti) keluar bawa tabung oksigen,'' ujarnya.

Para petugas Diskes Itu menunggu perintah untuk membawa pasien tersebut.

''Tergantung nanti maunya dibawa ke mana, kalau ke rumah sakit kami bawa ke rumah sakit,'' jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Heriyanti dan suaminya dijadwalkan untuk mengikuti pemeriksaan lanjutan di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan, pukul 09.00 WIB hari ini, terkait bantuan Rp2 triliun yang hendak disumbangkan oleh keluarga Akidi Tio

Namun, sampai pukul 15.00 WIB, Heriyanti tak kunjung datang ke Polda Sumsel.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, pemeriksaan lanjutan terhadap Heriyanti beserta suami dan anaknya dilakukan karena pemeriksaan pada Senin (2/8/2021) sempat dihentikan karena telah larut.

Untuk diketahui, pemeriksaan bermula dari janji sumbangan Rp2 triliun keluarga Akidi Tio yang tak kunjung terealisasi hingga tanggal yang sudah dijanjikan.

Polisi akhirnya meminta keterangan keluarga pengusahan asal Langsa, Aceh tersebut.***