JAKARTA, GORIAU.COM - Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta terus melakukan upaya agar Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan berkenan menyetujui Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau yang hingga kini masih mangkal di Kemenhut.Melalui surat dengan nomor : 100/BP3R/226 tertanggal 7 Juli 2014, Badan Penghubung meminta Sekjen DPD RI agar memfasilitasi dan memanggil Menhut dan Seskab untuk melakukan hearing (rapat dengar pendapat) dengan anggota DPD RI asal pemilihan Riau.

''RTRW inikan sangat penting artinya bagi pembangunan Provinsi Riau. Oleh karena itu, kita terus berupaya agar Pak Menhut berkenan segera menyetujuinya. Apalagi semua stake holder kan sudah setuju,'' tegas Kepala Badan Penghubung H Burhanuddin ST MT kepada pers di Jakarta, Senin (7/7).

Ditegaskan pria yang akrab disapa Boy itu, DPD RI sebagai wakil rakyat Riau atau senator dari Riau berhak memanggil Menhut dan Seskab untuk mempertanyakan kenapa RTRW Provinsi Riau hingga kini belum juga disetujui. Padahal sudah dibahas sejak 2007 dan sudah mendapat persetujuan dari Tim Terpadu yang dibentuk Menhut sendiri.

''Secara konstitusional, DPD berhak memanggil dan mempertanyakan. Apalagi ini masalah daerah yang sangat penting. Kita harapkan DPD bisa segera melakukan hearing dengan Menhut dan Seskab agar RTRW itu segera disetujui,'' jelas Boy lagi.

Sekedar informasi, Menhut mengaku belum bisa menyetujui RTRW Provinsi Riau karena adanya surat edaran dari Seskab yang melarang para menteri untuk tidak mengeluarkan keputusan yang bersifat strategis di akhir pemerintahan SBY-Budiono. Menhut saat ini sedang meminta penjelasan dari Seskab, apakah pihaknya masih diperkenankan menyetujui RTRW Provinsi Riau atau apakah keputusan menyetujui RTRW itu tidak masuk kategori keputusan yang bersifat strategis. Hingga kini, jawaban atau penjelasan dari Seskab belum ada.

Sebelumnya, Badan Penghubung Provinsi Riau juga sudah melakukan semacam MoU dengan para anggota DPD RI asal pemilihan Riau untuk bersinergi dan bekerja sama dalam memperjuangkan berbagai kepentingan dan aspirasi Riau di tingkat pusat. Delegasi Badan Penghubung yang dipimpin langsung Kepala Badan Burhanuddin diterima oleh anggota DPD asal Riau H Abdul Gafar Usman dan Hj Intsiawaty Ayus di Gedung DPD RI, Senayan. Kerjasama ini diharapkan lebih efektif dalam memperjuangkan berbagai aspirasi Riau di tingkat pusat. (rls)