SIAK SRI INDRAPURA - Dukungan penuh Bupati Siak Alfedri dan Gubernur Riau Drs H Syamsuar terhadap permainan rakyat melayu yakni gasing sudah menjadi modal awal untuk mendirikan gelanggang gasing berstandar nasional di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Hal itu menjadi harapan Ketua Persatuan Gasing Indonesia (Pergasi) Agus MD saat menyampaikan elu-eluannya dipembukaan festival gasing Internasional II di taman Tengku Syarifah Aminah, Kampung Dalam, Siak Sri Indrapura, Jumat (12/7/2019) malam.

"Kabupaten Siak merupakan basic permainan gasing di Riau, alangkah baiknya kedepan di Siak ini ada Gelanggang Gasing Nasional. Jika harapan ini tercapai, maka Siak merupakan daerah kedua di Indonesia setelah Bangka Belitung yang memiliki gelanggang gasing standar nasional," kata Agus.

Masih kata Agus, tahun lalu saat dirinya juga datang ke Siak pada acara yang sama tidak dapat bertemu Gubernur Riau Syamsuar yang kala itu tengah cuti sebagai Bupati untuk melakukan kampanye berkeliling Riau.

Ads
"Saya tanya dengan anggota pergasi di Rohul, mereka sangat familiar dengan pak Syamsuar dan saya berdoa kala itu beliau bisa menjadi gubernur. Alhamdulillah doa itu tercapai, dan malam ini beliau menyempatkan diri datang pada pembukaan acara ini untuk memberikan dukungan terhadap permainan gasing ini," katanya lagi.

Agus juga menjelaskan di Bangka Belitung, permainan gasing ini juga masuk dalam kurikulum muatan lokal, agar anak-anak di daerah tersebut dapat bermain gasing dan permainan gasing tetap akan lestari untuk masa yang akan datang.

"Harapan saya juga di Siak, Riau ini bisa menerapkan itu," kata Agus MD yang sering mengikuti workshop di sejumlah negara di Asia Tenggara Timur. ***