BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2015 di Lantai IV Kantor Bupati, Kamis. (20/3/2014). Fokus Musrenbang yang dihadiri pejabat Bappeda Provinsi Riau itu ada 8 kerangka perencanaan awal yang menjadi skala prioritas.

Ke-8 kerangka awal yang menjadi prioritas penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) itu antara lain, peningkatan akses infrastruktur; yang mencakup infrastruktur perhubungan, Infrastruktur pendidikan, Infrastruktur kesehatan, listrik dan air bersih.

Kedua, pengembangan komoditas unggulan daerah; yang mencakup produk-produk pertanian, perikanan, Perkebunan dan Kehutanan. Ketiga, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup; yang mencakup mitigasi bencana, penyusunan masterplan lingkungan hidup, pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta optimalisasi Satlak Karhutla dan Masyarakat Peduli Api.

''Pembangunan kawasan strategis dan kawasan perbatasan; yang mencakup perencanaan dan pembangunan kawasan perbatasan serta evaluasi pembangunan empat kawasan juga menjadi prioritas kita,'' papar Bupati.

Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia; yang mencakup pembangunan dan pengembangan Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan, Akademi Maritim, Optimalisasi BLK, Pemberian Beasiswa, Peningkatan Kompetensi dan Kesejahteraan Guru.

''Yang tak kalah penting adalah, kualitas birokrasi dan tata kelola pemerintahan; Mencakup implementasi roadmap reformasi birokrasi, Sosialisasi UU ASN, Seleksi CPNS, Peningkatan Disiplin PNS, Pelaksanaan dan Optimalisasi BLUD,'' jelasnya.

Selanjutnya, peningkatan akses permodalan dan usaha ekonomi; yang mencakup optimalisasi dan evaluasi UED-SP, Pembentukan BUMDes, Peningkatan Iklim Investasi, Optimalisasi Infrastruktur Perdagangan dan Peningkatan Kerjasama. Terakhir, pengembangan budaya dan agama; yang Mencakup Pelestarian Cagar Budaya, Pengembangan Kawasan Wisata Budaya dan Penyelenggaraan Berbagai Iven Kebudayaan dan Kesenian.

''Kedelapan prioritas ini menjadi kerangka awal perencanaan pembangunan tahun 2015, berdasarkan pertimbangan ihwal kekinian di seluruh wilayah di Kabupaten Bengkalis,'' papar Bupati.

Musrenbang tingkat Kabupaten yang digelar merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan daerah yang dimulai sejak Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum SKPD yang dilanjutkan dengan Forum Konsultasi Publik dan Pra Musrenbang Kabupaten Bengkalis.

Sebagai bagian dari proses Penyusunan RKPD, Musrenbang hari ini tidak lagi membahas program dan kegiatan secara detail tetapi lebih pada kesepakatan hasil Pra Musrenbang dan pemaparan dari Bappeda Provinsi Riau dan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis yang nantinya akan menjadi masukan bagi penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Bengkalis Tahun 2015.(jfk)