PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima dana kelurahan sebesar Rp30 miliar dari Pemerintah Pusat untuk tahun 2019. Dari total dana tersebut, 83 kelurahan yang ada di Pekanbaru, masing - masing ya menerima Rp370 juta.

Walikota Pekanbaru Firdaus ketika dikonfirmasi menjelaskan anggaran dana ini diatur dalam Permendagri nomor 130 tahun 2018. Dimana program Pemerintah Pusat terkait dana ini memiliki kesamaan dengan program Pemko Pekanbaru, yaitu pemberdayaan berbasis keluarga dan rumah ibadah dengan prinsip Tridaya.

"Kita mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, melalui Kemendagri karena telah memberikan dana kelurahan. Penataakelolaan dana kelurahan ini, baik penyusunan anggaran dan penggunaan diatur oleh Permendagri Nomor 130 Tahun 2018," ujar Firdaus, Selasa, (12/2/2019).

"Program Pemerintah Pusat terkait dana ini sesuai dengan program Pemko Pekanbaru, yakni pemberdayaan berbasis rumah ibadah dan keluarga dengan prinsip Tridaya, yakni SDM, ekonomi dan lingkungan," terangnya.

Ads
Firdaus menerangkan lebih lanjut, nantinya kegiatan pemberdayaan yang masih dijalankan di dinas - dinas teknis akan dialihkan penyelenggaraannya ke kecamatan. Dengan pengalihan ini, diharapkan akan mengefektifkan pelayanan masyarakat dan memperpendek birokrasi, sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat. ***