SELATPANJANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau menargetkan penyediaan 10 hotspot internet gratis bagi warga di ibukota kabupaten, yakni di Kota Selatpanjang.

Hal itu sebagaimana dikatakan Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kepulauan Meranti, Muhlisin didampingi Kabid Aplikasi, Informatika dan Postel Amat Safi,i, Selasa.

Menurut dia, penambahan fasilitas internet yang bisa diakses lewat wifi itu bertujuan memudahkan warga, terutama para siswa dan pelajar untuk menunjang tugas-tugas belajar dengan akses internet gratis.

"Kita targetkan ada 10 hotspot. Posisinya khusus di tempat keramaian dan fasilitas publik lainnya. Sekarang ada dua titik hotspot yang kita pasang di Ruang Taman Hijau (RTH) LAMR. Kemudian di Taman Cikpuan juga akan kita maksimalkan," sebut Muhlisin.

Kemudian ditambahkan Safi,i, pemasangan 10 titik itu direncanakan tahun ini bisa terealisasi. Ia berharap tidak ada kendala pada penganggarannya di APBD Perubahan.

"Iya mudah-mudahan (penganggaran) di APBD Perubahan tidak ada kendala, jadi bisa ditingkatkan pemasangan hotspot internet lainnya yang seperti kita targetkan. Jika tak terpenuhi semuanya, akan dilanjutkan tahun depan," tuturnya.

Sedangkan untuk wilayah luar ibukota, lanjut Safi,i, Kominfo Meranti telah memetakan desa yang masih tidak mendapatkan sinyal (blind spot) telepon atau internet. Data tersebut juga sudah diajukan ke pihak Telkom.

"Ada 14 desa yang blind spot, dan ini sudah kita komunikasikan ke Telkom untuk dilakukan penguatan sinyal atau membangun menara telekomunikasi," katanya.

Sementara GM Telkom Wilayah Telekomunikasi Riau Daratan Agung Tri Cahyono mengatakan, dalam waktu dekat akan segera memulai progres pendataan wilayah yang belum mendapatkan layanan internet secara maksimal atau yang belum sama sekali.

"Pokoknya kita full support. Untuk langkah awal, kami akan minta data dulu dari Kominfo Meranti, daerah mana saja yang urgen," kata Agung belum lama ini di Pekanbaru.

Agung juga menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Bupati Adil dalam penyediaan layanan telekomunikasi bagi seluruh masyarakat di Meranti. Menurutnya, inovasi pelayanan publik berbasis digital harus didukung dengan infrastruktur jaringan yang bagus.

"Ini satu hal yang luar biasa dari bapak Bupati Kepulauan Meranti. Beliau punya spirit yang bagus agar masyarakatnya bisa maju," ujar GM Telkom Riau Daratan itu.***