BANGKINANG, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Kampar mengembangkan Program Desa dan Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi di sejumlah wilayah pedesaan dan saat ini Desa Ganting telah memulai membuka lahan untuk percontohan program tersebut.

"Ini dilakukan sebagai tindak lanjut imbaun Bupati Kampar Jefry Noer agar setiap desa dan kecamatan memiliki lahan percontohan sebagaimana yang telah di buat oleh Pemkab Kampar di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu. Pemkab Kampar telah membuat percontohan Rumah Tangga Mandiri Pangan sdan Energi yang sinergi dengan pertanian dan peternakan," kata Kepala Desa Ganting Kecamatan Salo, Harmonis kepada pewarta, Selasa (17/3).

Ia mengatakan, di Desa Ganting tepatnya di Dusun Pulau Tengah sangat cocok untuk dikelola sebagai lahan percontohan. Menurutnya Desa Pulau Tengah lahannya subur dan setelah diukur kadar dalam tanah sudah mencapai tingkatan 6 PH," kata Harmonis.

Harmonis mengatakan, pihaknya akan berusaha agar apa yang dilakukan oleh Bupati Kampar dapat juga direalisasikan di desa, oleh sebab itu diajak rekan-rekan kepala desa khususnya yang ada di Kecamatan Salo untuk melakuakn hal yang sama, dan saling berkomunikasi terhadap pembuatan lahan percontohan ini.

"Lahan yang telah kami persiapkan ini merupakan perkampungan lama yang telah dihuni oleh masyarakat ganting selama ini, namun pada saat ini lahan yang ada di Dusun Pulau Tengah tersebut ditinggal pindah oleh penduduknya. Kami khwatir jika ini tidak kita olah akan dijadikan oleh para muda-mudi untuk melakukan hal-hal yang tidak kita ingini," kata Harmonis ditemui di Kantor Camat Salo di sela-sela acaranya pada Selasa (17/3).

Makanya, demikian Harmonis, Desa Ganting disamping lahannya subur juga untuk memanfaatkan lahan yang ada sehingga aktivitas tetap berjalan sekaligus sebagai implementasi tehadap instruksi Bupati Kampar.

Ia mengatakan, di lahan tersebut sangat cocok untuk bertanam bawang, sayur-mayur, pertanian secara luas, dan khusus untuk sapi telah dibuatkan kandang, namun sapinya belum ada.

Kata dia, dari hasil inventarisasi lahan tersebut maka Dusun Pulau Tengah Desa Ganting sangat cocok sebagai lahan percontohan, namun yang perlu di perhatikan pada saat ini akses ke lahan tersebut dimana harus melewati jembatan gantung sebagi sarana utama sebagai akses kelahan tersebut.

"Walaupun akses kelokasi agak sulit tidak akan menyurutkan niat untuk menjadikan Pulau Tengah sebagi lahan percontohan di Desa Ganting tersebut," kata Harmonis menghakhirinya. (rls)